UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU WUJUDKAN KERJASAMA LITERASI DESA BERBASIS DIGITALISASI

UPT Perpustakaan – Tahun 2023 adalah awal dimana UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu Kembali dikunjungi oleh pejuang literasi, pada Senin, (2/1/2023) perpustakaan dikunjungi oleh Bupati Seluma beserta pejabat pemerintah terkait, serta pada Kamis (5/1/2023) Perpustakaan kembali dikunjungi oleh Dinas PMD Bengkulu Tengah yang diwakili oleh Sandarman, S.Sos dan Duta Digital Bengkulu Tengah.

Tujuan kunjungan ini adalah untuk menjalin Kerjasama dalam memajukan desa-desa di Bengkulu Tengah berbasis literasi dan digitalisasi. Kepala UPT Perpustakaan menyambut baik tujuan kunjungan dan siap membina perpustakaan desa yang berada dalam dampingan duta digital untuk peningkatan kapasitas Sumber daya manusia, Optimalisasi sarana prasarana, dan menyambungkan koleksi perpustakaan Universitas Bengkulu agar dapat diakses oleh masyarakat desa. Pada kesempatan ini juga Dr. Alfarabi, MA merencanakan berbagai kegiatan yang akan dilakukan sebagai pendukung desa cerdas di Bengkulu Tengah.

Sebagai tahap awal UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu dan Dinas PMD Bengkulu Tangah bersama Duta Digital akan membuat payung hukum untuk mewujudkan Kerjasama di bidang pengembangan literasi desa berbasis digitalisasi insaallah dalam waktu dekat akan diadakan pertemuan antara UPT Perpustakaan UNIB dengan Dinas PMD, Duta Digital, dan Kepala Desa untuk penandatanganan Perjanjian Kerja sama yang telah disepakati berupa MOU.

Kami berkomitmen dalam membangun literasi di desa dengan bersinergi antara perguruan tinggi dan stakeholders yang ada baik di Kabupaten/kota dengan membangun kerjasama pengembangan tata kelola perpustakaan desa dan akan menindaklanjuti program nasional perpustakaan di daerah sebagai bentuk kepedulian perpustakaan perguruan tinggi dalam membangun sumberdaya manusia di tingkat Desa dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar“, Ujar Kepala UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu.

Senyum literasi terpancar dari wajah-wajah pejuang literasi informasi digitalisasi ini dengan harapan Kerjasama ini akan membuahkan hasil sesuai harapan dalam mewujudkan desa cerdas dan dipenghujung kunjungan diakhiri dengan salam literasi. (Susialia Fitriani – Pustakawan Universitas Bengkulu)