KUNJUNGAN FPPTI WILAYAH BENGKULU PERIHAL KEGIATAN WORKSHOP BIDANG KEPUSTAKAWANAN

Bengkulu- Kepala UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu Dr. Alfarabi, MA menerima kunjungan Ketua FPPTI provinsi Bengkulu diruang kerjanya, Rabu (25/1/2023). Tujuan kunjungan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi Perpustakaan Universitas Bengkulu dan FPPTI Bengkulu, Ketua FPPTI sekaligus menyampaikan rencana program kerja pengurus FPPTI ditahun ini dan tahun mendatang. Pada kesempatan tersebut Kepala Perpustakaan Universitas Bengkulu didampingi koordinator pembinaan koleksi, koordinator layanan sirkulasi dan referensi, koordinator TI, pustakawan dan staf. Sedangkan Ketua FPPTI didampingi, Bendahara, Sekertaris serta pengurus FPPTI lainnya.

Selain silaturahmi kami bermaksud untuk mengadakan kegiatan workshop di bidang kepustakawanan terkait dengan akreditasi perpustakaan yang akan dilaksanakan pada tahun ini, dan kami mereferensi UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu menjadi studi tiru bagi perpustakaan yang akan melakukan akreditasi, mengapa kami memilih perpustkaan ini karena UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu telah terakreditas dengan nilai A, disini juga ada tiga asesor tim penilai yang telah ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional RI untuk perwakilan dari kota bengkulu. Dengan alasan inilah kami merasa studi tiru ke Perpustakaan Universitas Bengkulu insyaallah menjadi layak untuk pembinaan akreditasi disaat ini maupun masa mendatang.

“Workshop yang rencananya akan dilakukan pada tahun inipun akan dilaksanakan di Perpustakaan UNIB. Ketua FPPTI berharap kedepannya jika ada kegiatan perpustakaan dengan senang hati untuk dapat dilibatkan FPPTI guna kemajuan bersama dalam literasi informasi, tak hanya itu ada program lain seperti FPPTI peduli yang rencanaya akan dilaksanakan di bulan ramadhan” kata Ketua FPPTI Bengkulu Dr. Syaril Buyung, M.Ag yang juga Kepala Perpustakaan UINFAS Bengkulu.

Ini merupakan kehormatan bagi kami, silaturahmi kerjasama ini saya harapkan agar dapat saling mengisi kegiatan semakin lebih banyak dan kuat apalagi yang berhubungan dengan literasi. Dibeberapa kegiatan terpilih dapat kita libatkan FPPTI demikian juga sebaliknya, dan pemanfaatan media sosial harus terus ditingkatkan guna memperkenalkan perpustakaan-perpustakaan kita, kedepan akan ada pendampingan dan pembinaan terkait dengan akreditasi yang akan dilakukan beberapa lembaga. Kami menyambut baik kegiatan workshop yang akan dilakukan di UPT Perpustakaan Bengkulu dengan bahasan sembilan komponen akreditasi yang merupakan aturan terbaru di tahun 2023. Workshop ini akan dihadiri oleh semua anggota dan pengurus FPPTI se provinsi Bengkulu dan perpustakaan lainya bahkan jika memungkinkan akan diundang asesor dari Perpustakaan Nasional RI.

“Semoga program 2023 FPPTI Bengkulu dapat terealisasikan bersama dengan Perpustakaan Universitas Bengkulu agar ilmunya bisa sama-sama diserap oleh tim yang akan melakukan akreditasi perpustakaan” Imbuh Dr. Alfarabi, M.A selaku Kepala UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu yang juga merupakan Dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ini.

Selain itu pada kesempatan ini Ketua FPPTI juga menyumbangkan buku Yang berjudul MODERASI BERAGAMA: Dari Indonesia untuk Dunia yang ditulis oleh Babun Suharto, et all sebanyak 1 Judul 2 eksemplar. Hadirnya buku ini ikut menambah deretan koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Bengkulu. (Susialia Fitriani)