ZONA INTEGRITAS

  1. Apa itu Zona Integritas ?

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan  Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) atau Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

  1. Apa itu Wilayah Bebas dari Korupsi ?

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

  1. Apa itu Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

  1. Di manakah zona integritas di UNIB?

Tahun 2021 ini, wilayah percontohan di Unib untuk menjadi zona integritas adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Diharapkan FEB Unib akan berhasil mendapatkan predikat WBK/WBBM pada tahun 2021.

  1. Mengapa Unib turut serta dalam program Zona Integritas?

Dengan mengikuti program percontohan Zona Integritas, Unib turut mendukung reformasi birokrasi pada Lembaga Lembaga pemerintahan, khusunya di Kemendikbud. Bukan hanya Univerersitas Bengkulu yang turut serta namun juga ada berbagai universitas besar di Indonesia. Zona integritas bermanfaat agar institusi senantiasa menjadi lebih baik dalam memberikan layanan berkualitas kepada masyarakat, lebih transparan dan akuntabel.

  1. Apakah ini suatu program baru dari Kemendikbud? 

Tidak. Di Kemendikbud sudah ada beberapa satker yang mendapatkan predikat WBK/WBBM sejak tahun 2017. Dan UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu mulai menerapkan sistem layanan dengan zona integritas bagi pemustaka atau masyarakat sekitarnya

  1. Bagaimana suatu wilayah zona integritas bisa mendapatkan predikat WBK atau WBBM?

Suatu wilayah zona integritas pertama – tama berusaha dulu mendapatkan predikat WBK  kemudian bisa “naik kelas” mendapatkan predikat WBBM. WBK didapatkan bila memenuhi beberapa kriteria reformasi birokrasi yang telah ditetapkan. Tim internal melakukan penilaian mandiri dulu atas capaian FEB Unib terhadap beberapa kriteria penilaian. Apabila tim internal merasakan nilainya cukup memadai, maka unit kerja akan diusulkan ke Kementrian PANRB sebagai tim eksternal untuk melakukan evaluasi. Tim eksternal akan menilai apakah unit kerja yang diusulkan sudah bisa lulus untuk mendapatkan predikat WBK atau WBBM

https://forms.gle/pfZWQfH6JL2W14UW9

Visitor Statistics