Isu Etik Dalam Penelitian di Bidang Kesehatan

ISBN 978-602-14208-0-5, Cetakan Pertama Juli 2013, Penerbit Asosiasi Ilmu Forensik Indonesia

IMG_00000133

Buku yang disunting oleh Juneman (Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara) ini terdiri atas 11 bab yaitu : (1) Strategi Etika Penelitian Dalam Bidang Kesehatan, (2) Isu Etika Database DNA Forensik, (3) Isu dan Dilema Pada Penelitian dengan Menggunakan Material Biologi Manusia, (4) Etika Penelitian pada Cryonics dan Body Farm, (5) Meta Analisis dalam Penelitian Psikologis, (6) Permasalahan Etik pada Assisted Reproductive Technology, (7) Masalah Etika dalam Peneltiian dengan Subjek Penderita Gangguan Jiwa, (8) Penelitian di Negara Berkembang dalam Keterbatasan Sumberdaya, (9) Isu Etika dalam Uji Kelainan Genetika, (10) Isu Etik dalam Penelitian Farmakogenomik, dan (11) Etika Penelitian.

Ilmu-ilmu Forensik (forensic sciences) adalah aplikasi semua disiplin ilmu yang dapat digunakan untuk sistem legal maupun non-litigasi. Ilmu kedokteran forensik di Indonesia jauh lebih berkembang dibanding dengan ilmu-ilmu forensik lainnya. Penerbitan buku ini merupakan andil yang besar terhadap pemahaman yang lebih baik mengenai isu-isu yang timbul dalam penelitian di bidang kesehatan di Indonesia. Demikian antara lain sambutan Ketua Asosiasi Ilmu Forensik Indonesia, Prof. Ir. Oetarjo Diran, vi.M.S.A.E.

Buku ini dapat dipinjam di Layanan Sirkulasi Lt 2 Gedung UPT Perpustakaan UNIB, hubungi pustakawan Daryono untuk memperoleh informasi koleksi-koleksi lainnya.

Terima kasih