Pembuatan Kartu Anggota dimasa Pandemic Covid 19

Selama masa pandemic covid 19, UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu belum membuka layanan keanggotaan secara langsung. Pada saat melakukan pendidikan pemustaka secara daring, disampaikan oleh narasumber bahwa pemustaka walaupun belum bisa datang langsung ke perpustakaan untuk membuat kartu anggota namun bisa melakukan proses pembuatan kartu secara online melalui email library_it@unib.ac.id.

Syarat-syarat pembuatan kartu anggota perpustakaan, pemustaka cukup mengirimkan data Nama, NPM, Fakultas dan Program studi, NIK, No hp, Alamat domisili, dan Foto Almamater UNIB. Setelah pemustaka mengirimkan data secara lengkap maka bidang layanan teknologi perpustakaan akan melakukan updating data pada pangkalan data aplikasi SLiMS. Selanjutnya kartu akan dicetak dan di informasikan ke pemustaka bahwa kartu sudah selesai dan bisa diambil secara bergantian sesuai dengan surat pemberitahuan melalui email.

Ketika pemustaka yang akan mengambil kartu anggota ke UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu, wajib mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer yang sudah disediakan. Selain itu petugas juga membatasi jumlah pemustaka yang akan mengambil kartu perpustakaan setiap hari.

Masa pandemic covid 19, pemustaka tetap antusias untuk menjadi anggota perpustakaan, hal ini dapat dilihat dari jumlah data yang masuk melaui email. Namun banyak juga pemustaka yang tinggal di luar daerah yang belum mengambil kartu anggota, dan hal ini tentu setelah layanan perpustakaan dibuka secara langsung nanti akan dapat diambil oleh pemustaka sehingga dapat digunakan secara langsung untuk meminjam koleksi perpustakaan nantinya. by septi/adm

Visitor Statistics