Perpustakaan Gelar Kegiatan Stockopname

Dengan banyaknya aktivitas penggunaan dan peminjaman koleksi dalam periode tertentu pada perpustakaaan Universitas Bengkulu, sebagaimana terjadi pada perpustakaan lainnya. Hal ini tak dapat dielakkan akan terdapat sejumlah koleksi yang mungkin saja tidak terdapat di jajaran rak koleksi perpustakaan. Selain itu adanya koleksi yang tidak memiliki barcode akibat terlepas oleh cuaca dan akibat tangan manusia.

Untuk itu dibutuhkan pendataan ulang kembali koleksi agar mendapatkan data dan informasi koleksi yang sebenarnya dan mutakhir. Tujuan dari stocktake/ stock opname adalah untuk membandingkan jumlah koleksi  yang tercatat di database perpustakaan dengan jumlah koleksi yang ada secara fisik, mengetahui tingkat kehilangan pada koleksi. Menghasilkan data dan informasi koleksi yang sebenarnya dan mutakhir.

Kegiatan stockopname dilakukan dengan target waktu pelaksanaan selama 2 bulan, hal ini mengingat masih berlakukan masa peralihan WFH (work From Home) dan WFO (work from Office). kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dengan mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak, dan sering mencuci tangan.

Pada kegiatan stockopname di tahun 2020 ini UPT Perpustakaan sudah menggunakan aplikasi SLiMS. Dalam proses kerja yang dilakukan dibagi menjadi beberapa tim dengan tanggung jawab pekerjaan koleksi yang dipindai pada jajaran rak yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Sebelum kegiatan dilaksanakan koordinator bidang teknologi informasi perpustakaan Universitas Bengkulu melakukan pengarahan teknis pelaksanaan stockopname dengan aplikasi SLiMS. Hal ini diharapkan dapat mempermudah proses stockopname agar tidak mengalami kesalahan pada saat melakukan stockopname.

Hingga saat ini proses stockopname masih berlangsung yang dilanjutkan dengan proses pengeditan dan pencetakan label dan barcode yang sudah hilang. by: sp/adm

Visitor Statistics