Perpustakaan Universitas Bengkulu Gelar Kegiatan Pendidikan Pemustaka Secara Virtual

Kegiatan Pendidikan Pemustaka Virtual oleh Perpustakaan Universitas Bengkulu ditujukan kepada mahasiswa baru Universitas Bengkulu yang nantinya diharapkan dapat menjadi pencari informasi yang mandiri dalam memanfaatkan sumber daya yang ada di Perpustakaan Universitas Bengkulu.

Kegiatan Pendidikan Pemustaka dibuka oleh sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Lizar Alfansi, SE., MBA., Ph.D dan Kepala Perpustakaan Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si yang dimana sama-sama mengapresiasi kegiatan pendidikan pemustaka secara virtual yang menjadi sasaran adalah pemustaka baru dari delapan Fakultas. kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 20 Oktober 2020.

Tidak hanya mahasiswa baru Universitas Bengkulu yang mengikuti acara tersebut, tetapi juga terlihat ada beberapa mahasiswa universitas lain dan masyarakat umum yang antusias dan mengikuti kegiatan hingga akhir.

Perpustakaan juga melibatkan peran Duta Baca yaitu Yeni Kartika (Duta Baca UNIB 2018) sebagai moderator dalam kegiatan ini dan menghadirkan narasumber yaitu Yosa Hardianto Putra, M.AP (Kasubbag Umum), Septi, M.I.Kom (Koordinator TIK), Nanik Rahmawati, S.Sos., M.Hum (Kepala Urusan atau Kaur Sirkulasi) dan Susialia Fitriani, S.Sos., M.I.Kom (Kepala Urusan atau Kaur Referensi) yang dapat membimbing calon pemustaka dan pemustaka dalam memanfanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan.

Dalam kegiatan pendidikan pemustaka secara virtual ini disampaikan bagaimana menjadi anggota perpustakaan, syarat menjadi anggota perpustakaan, hak dan kewajiban anggota, cara menelusur koleksi pada jajaran rak dengan menggunakan mesin pencari OPAC (Online Public Accses Cataloge), teknik menelusur informasi digital secara online, Layanan sirkulasi dan Referensi. Selain penyampaian materi dari narasumber juga dilakukan tour perpustakaan secara virtual.

Selanjutnya sebelum acara pendidikan pemustaka secara virtual ditutup dalakukan sesi tanya jawab, memberikan kesempatan pada para peserta webinar untuk bertanya seputar pelayanan yang ada di perpustakaan UNIB. /by sp

Visitor Statistics