“Onesearch”Opac Universitas Bengkulu

http://10.102.20.102/opac.integration/

Pada saat ini kemajuan suatu perpustakaan banyak dilihat dengan penggunaan teknologi informasi yang diterapkan. Semua lembaga berusaha memanfatkan kehadiran Teknologi Informasi (TI). Kemajuan antara teknologi komputer dan teknologi informasi sangat diperlukan, karena manfaatnya dapat dirasakan dalam memberikan kemudahan dan kecepatan dalam memberikan layanan khususnya bagi perpustakaan. Teknologi yang dimaksud adalah pemanfaatan sistem otomasi perpustakaan dan sistem jaringan data/informasi baik yang online berbasis web.

Sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan aplikasi SLiMS 8.3.1 (Akasia) dapat mempermudah dalam melakukan kegiatan layanan perpustakaan.  Di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu aplikasi ini digunakan untuk menunjang layanan penelusuran koleksi (OPAC) perpustakaan secara terintegrasi selingkung Universitas Bengkulu.

Dalam proses integrasi data koleksi, bidang teknologi informasi perpustakaan melakukan penginstallan aplikasi SLiMS 8.3.1 (Akasia) pada setiap ruang baca selingkung Universitas Bengkulu. Setiap ruang baca dapat melakukan transaksi dan pengolahan koleksi pada masing-masing server data ruang baca dengan IP Address yang sudah disetting petugas bagian teknologi informasi UPT Perpustakaan dan berkoordinasi dengan pihak LPTIK

Integrasi ini tak lepas dari dorongan dan komitmen dari Rektor Universitas Bengkulu yang menginginkan Perpustakaan yang terintegrasi selingkung Universitas Bengkulu. Integrasi data koleksi (OPAC) ini melalui proses yang singkat dengan kerja cerdas, cepat, tepat. (sp/adm)

Visitor Statistics