PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU GELAR KEGIATAN PENDIDIKAN PEMUSTAKA

UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu telah memberikan pendidikan pemustaka secara khusus kepada 80 orang mahasiswa baru angkatan 2019 pada Rabu (02/10/2019). Masing-masing terdiri dari 10 orang perwakilan FMIPA, FE, FISIP, FKIK, FKIP, FP, FT, FH. Penyampaian materi tentang pentingnya perpustakaan, Sirkulasi dan penelusuran informasi, layanan refrensi, serta teknologi informasi juga mereka peroleh dari kegiatan ini bahkan orintasi lapanganpun disabut dengan antusias oleh seluruh peserta.

Kegiatan ini berlangsung diruang aula UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu yang dibuka secara resmi oleh Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si  selaku kepala UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu. Dalam sambutannya beliau menjelaskan pentingnya pendidikan pemustaka bagi mahasiswa baru” pendidikan pemustaka dilakukan untuk memberikan pendidikan kepada pemustaka bagaimana cara memanfaatkan fasilitas perpustakaan dengan baik dan benar, dari halaman parkir, manfaat loker, pengisian buku pengunjung, peminjaman dan pengembalian, akses penelusuran koleksi, akses informasi website perpustakaan yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka sebagai bahan referensi seperti library.unib.ac.id, perpustakaan.unib.ac.id untuk penelusuran OPAC, Instagram Universitas Bengkulu Library, Kemenristekdikti, Onesearch.id, Garuda Ristekdikti” dan banyak lagi yang lainnya.

Ucapan terima kasih beliau haturkan kepada mahasiswa baru karena UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu mengalami banyak peningkatan diantaranya peningkatan jumlah pemustaka, dan peningkatan kualitas layanan. Mahasiswa baru sangat berperan dalam peningkatan jumlah pemustaka, ini terlihat dari banyaknya jumlah mahassiswa baru yang memanfaatkan fasilitas perpustakaan sebagai tempat belajar, diskusi, dan  mencari informasi yang biasanya jumlah pemustaka hanya 400 orang perhari sekarang mencapai 1000 orang perhari. Sungguh peningkatan yang luar biasa oleh sebab itu untuk memberikan penghargaan kepada mahasiswa baru UPT Perpustakaan memberikan pendidikan pemustaka secara khusus kepada masing-masing perwakilan mahasiswa dari delapan fakultas diatas.

Dengan harapan perwakilan mahasiswa ini dapat memberikan informasi kepada mahasiswa yang lain akan kemudahan layanan fasilitas yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Beliau juga berharap peserta pendidikan pemustaka ini bisa menjadi duta baca di periode berikutnya. Diiringi dengan senyum beliau juga memberikan moto dari kegiatan ini yang mengandung pesan “JADIKAN KEGIATAN INI AWAL LITERASI CERDAS”. (Sumber : SF)

Sertifikat Pendidikan Pemustaka dapat di unduh melalui laman :

http://bit.ly/2nTmfxM