DUTA BACA UNIB HADIRI SEMINAR NASIONAL MUSEUM NEGERI BENGKULU

foto bersama narasumber

Perpustakaan Unib, memberikan peluang keterlibatan duta baca dalam undangan yang disampaikan kantor Musium Bengkulu dalam acara Seminar Nasional. Pada kesempatan ini kamis (11 Juli 2019), Duta Baca Universitas Bengkulu menghadiri Seminar Nasional ‘Revitalisasi Museum melalui Kebijakan dan Pengembagan’ di Ballroom Hotel Santika.

Seminar ini dihadiri oleh dosen, guru, mahasiswa dan para pemerhati Sejarah dan Budaya Bengkulu. Acara ini berlangsung pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB dengan mendatangkan 2 pemateri yaitu Drs. Siswanto, MA (kepala museum nasional) yang menyampaikan materi mengenai kebijakan permuseuman di Indonesia dan Dra. Dedah Rufaedah Sri Handani, MM (Kasubid permuseuman DirJenbud) yang menyampaikan materi mengenai museum dihatiku ‘tantangan manajemen permuseuman’.

Dalam seminar tersebut dipaparkan mengenai PP No.66 tahun 2015 tentang museum dan juga cara-cara penataan museum agar lebih menarik. Salah satu contohnya adalah dari segi tata letak benda dan pencahayaan yang mana pencahayaan bisa membuat penampilan lebih berkarakter.

Dari materi yang disampaikan banyak hal yang bisa diterapkan juga di perpustakaan, hal ini tentu akan dapat dijadikan sebagai wawasan bagi duta baca dalam memberikan kontribusi terhadap Perpustakaan Unib.