Pemanfaatan Database E-Journal

Perpustakaan UNIB,- Pada tahun 2018, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melanggankan empat paket langganan akses e-journal bagi perguruan tinggi Ke depan pihak Kemenristekdikti terus berupaya untuk meningkatkan jumlah langganan database sehingga perguruan tinggi tidak perlu melanggan jurnal-jurnal yang sudah dilanggan oleh Kemenristekdikti.

Harapan dari adanya langganan akses e-journal ini adalah meningkatnya jumlah publikasi berkualitas yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti di Indonesia yang dapat meningkatkan daya saing penelitian Indonesia di tinggkat global. Oleh karena itu akan terus dilakukan sosialisasi, monitoring dan evaluasi untuk meningkatkan pemanfaatan akses database e-journal yang dilanggan sehingga anggaran yang dikeluarkan dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Melalui kerjasama dalam pemanfaatan E-Journal ini UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu juga berkewajiban untuk menyebarkan informasi ini kepada seluruh sivitas akademika Universitas Bengkulu. Semoga dengan adanya database yang dilanggan oleh kemenristekdikti ini akan meningkatkan kualitas bahan rujukan dalam penulisan karya ilmiah bagi pemustaka UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu.

A. Database Yang dilanggan

1.Basisdata Bidang Ilmu Ebsco Agriculture Plus Pertanian  lihat  Username : ns180941  Password : password

 Ebsco Computers & Applied Sciences Complete Mipa

Ebsco Engineering Source Teknik

2. Basis Data yang Dilanggan untuk Kelompok Bidang Ilmu II  lihat  Username : ptn039    Password :    success

Basis Data Bidng Ilmu Cengage Business and Economics

Collection Ekonomai Cengage Educational Database Pendidikan ProQuest Arts & Humanities Seni dan Humaniora Cengage Social Science Collection Sosial Cengage Humanities Collection Humaniora Cengage Arts Collection Seni

3. Basis Data yang Dilanggan untuk Kelompok Bidang Ilmu III  lihat  Username : 56DT32MV79  Password : newpqdikti2012

Basis Data Bidang Ilmu ProQuest Biological Science Database Kesehatan

B. Strategi pemanfaatan e-research

Untuk melakukan akses kepada setiap database bisa masuk melalui masingmasing database dengan username dan password yang berbeda dan langkah yang berbeda untuk setiap database.

memanfaatkan fasilitas federated search dimana pengguna masuk melalui satu pintu dan setelah mendapatkan referensi yang diinginkan dari masing-masing database baru menggunakan username dan password, dengan fasilitas ini pengguna tidak perlu menelusuri setiap database tapi satu fasilitas pencarian untuk semua database, namun dalam implementasinya diserahkan kepada kenyaman pengguna.

Setelah menentukan tempat mencari (sumber informasi), selanjutnya adalah melakukan penelusuran pada sumber tersebut. Untuk efisiansi dalam melakukan penelusuran maka perlu dibuat suatu strategi dengan langkah penelusuran sebagai berikut:

  1. Menentukan topik yang kita cari
  2. Menentukan kata kunci – Pilih satu sampai tiga kata yang paling mewakili topik. Jangan mencari banyak kata secara bersamaan. Jangan pilih kata sambung. Kata kunci umumnya adalah kata benda. – Gunakan beberapa alternatif kata misal sinonim
  3. Menentukan batasan penelusuran misal tahun pilih 5-10 tahun terakhir, bahasa, format dokumen (word, pdf, dll), Cakupan geografis,
  4. Setelah ada tampilan hasil, pilih artikel yang relevan
  5. Simpan hasil dalam folder yang dinamai atau lokasi yang mudah diingat dan ditemukan
  6. Gunakan reference manager untuk mengelola referensi (mendeley, zotero dll)

C. Proses Search satu pintu pada laman  

    http://ristekdikti.summon.serialssolutions.com

Summon merupakan Web Scale Discovery Services yang dapat menjadi portal utama dalam pencarian e-journal dan e-book yang dilanggan atau dimiliki Kemenristekdikti.  Untuk mengakses konten dalam Summon Ristekdikti, pastikan sudah memiliki akun untuk mengakses berbagai konten elektronik yang disediakan Ristekdikti. Untuk petunjuk akses bisa dilihat pada brosur dibawah ini,  Penulis/ adm sp

BROSUR akses database E-Journal Buku 2018