PERPUSTAKAAN UNIB MENERIMA KUNJUNGAN DARI SMAN 2 BENGKULU

Perpustakaan UNIB – Dalam  rangka Program Kebijakan Sekolah Rujukan Kemendikbud tahun 2018, sebanyak 32 siswa kelas X IPS A SMAN 2 Kota Bengkulu beserta guru pendamping melakukan kunjungan di Perpustakaan Universitas Bengkulu pada Rabu (19 /09/2018).

Kunjungan tersebut disambut baik oleh Kepala UPT. Perpustakaan UNIB Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si, Kasubbag Umum Iswantoro basuki, S.Sos dan Pustakawan Ahli Muda Septi, S.Ikom di ruang kepala Perpustakaan. Salah seorang guru pendamping SMAN 2 Kota Bengkulu menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan ini yaitu untuk menjalin silaturahmi sekaligus menambah wawasan pengetahuan dari Perpustakaan UNIB sehingga minat baca siswa dapat ditingkatkan.

“Dari Kunjungan ini kami berharap siswa kelas X IPS A ini dapat lebih sering datang berkunjung dan menggunakan perpustakaan sebagai tempat mencari sumber informasi didalam pelajaran maupun referensi bahan lainnya. Diharapkan setelah adanya kunjungan ini para siswa termotivasi dan semakin giat lagi dalam membaca karena ketersedian bahan bacaan yang cukup lengkap di perpustakaan UNIB ini” imbuhnya.

SMAN 2 dalam kesempatan ini juga meminta sebagai narasumber dari UPT. Perpustakaan UNIB untuk dilibatkan apabila ada kegiatan workshop yang akan diselenggarakan di sekolah mereka dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan literasi informasi.

Kepala UPT. Perpustakaan UNIB Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si juga menyampaikan terima kasih kepada pihak SMAN 2 Kota Bengkulu yang telah bersedia menjadikan Perpustakaan UNIB sebagai rujukan dalam hal meningkatkan minat baca siswa. Perpustakaan merupakan salah satu faktor dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, dalam hal ini perpustakaan tetap menjadi rujukan bagi stakeholder dalam memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan dan informasi.

“Di Perpustakaan UNIB ini kami mempunyai layanan seperti BI Corner, Bengkulu Corner yang berisi tentang informasi-informasi tentang berbagai daerah yang ada di Provinsi Bengkulu, Ruang Seminar. bahkan ruang khusus pemustaka yang tujuannya untuk membantu pemustaka baik dosen dan mahasiswa dalam berkonsentrasi menulis skripsi, tesis dan disertasi” tambahnya.

 

Dalam kegiatan kunjungan ini, siswa diajak berkeliling melihat aktivitas apa saja yang ada di UPT Perpustakaan UNIB. Pustakawan menjelaskan mulai dari ruang teknologi informasi, ruang sirkulasi dan referensi. Siswa/siswi sangat antusias bertanya tentang bagaimana menjadi anggota perpustakaan, siapa saja yang boleh meminjam buku disini dan koleksi apa saja yang ada di perpustakaan UNIB. Pustakawan menjelaskan dengan senang hati semua pertanyaan siswa/siswi dan mereka puas dengan penjelasan dari pustakawan UPT Perpustakaan UNIB.

Kegiatan kunjungan tersebut ditutup dengan melihat secara langsung koleksi-koleksi apa saja yang ada di UPT. Perpustakaan UNIB dan dilanjutkan selfie-selfie pada tempat yang menarik perhatian mereka.[admin/sp]