Monthly Archives: March 2019

KEPALA UPT PERPUSTAKAAN UNIB HADIRI RAKORNAS BIDANG PERPUSTAKAAN 2019

Perpustakaan Nasional RI menggelar RAKORNAS Bidang Perpustakaan 2019 dengan tema “Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. Rakornas berlangsung dari tanggal 13-16 Maret 2019 lalu di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta.

Rakornas Bidang Perpustakaan dihadiri sekitar 3.000 peserta dari Dinas Perpustakaan Provinsi / Kabupaten / Kota, Bappeda, Asosiasi Penerbit / Pengusaha Rekaman, Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi, Khusus, dan Sekolah, serta para pustakawan dan para pegiat literasi seluruh Indonesia.

Rakornas Bidang Perpustakaan 2019 difokuskan pada upaya Perpustakaan Nasional untuk memantapkan program dan kegiatan Rencana Strategis (Renstra) Perpustakaan Nasional 2015-2019, serta perumusan rencana pembangunan di bidang perpustakaan tahun 2020.

Muhammad Syarif Bando selaku Kepala Perpustakaan Nasional RI berharap Rakornas dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan perpustakaan dan semakin menggaungkan gerakan literasi hingga ke polosok negeri.

POLITIK KEWARGAAN DI INDONESIA

Judul asli : Politics of Citizenship in Indonesia
Penerbit : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Argumen utama buku ini adalah bahwa kewargaan dibentuk dan dipraktikkan melalui serangkaian gerakan melawan ketidakadilan. gerakan-gerakan ini berupa serangkaian perjuangan oleh rakyat di level akar rumput dan kelas menengah beserta organisasi perwakilan dan para aktivisnya untuk pengakuan kultural, keadilan ekonomi dan sosial, serta representasi politik yang berujung pada keterlibatan mereka dengan negara melalui proses-proses diskursif dan non-diskursif kendati negara menjadi simpul yang utama, perjuangan-perjuangan ini seringkali masih tercerai-berai baik antar sektor maupun posisi-posisi subjek dalam membangun rantai solidaritas antar fragmen perjuangan tersebut sangatlah penting, namun upaya-upaya yang dilakukan selama ini masih belum memenuhi harapan.

Buku ini menyajikan studi kasus-kasus politik kewargaan dalam konteks dan sudut pandang beragam untuk menunjukkan bagaimana warga terlibat dalam kehidupan publik dengan tujuan untuk menjadikan warga dan kewargaan sebagai fokus utama, alih-alih menempatkannya sebagai latar belakang dalam kajian-kajian demokrasi dan proses demokratisasi yang riil karena demokrasi bukanlah sekadar soal memberikan hak-hak individu kepada warga negara, demokrasi dalam buku ini adalah persoalan keterlibatan aktif warga dalam urusan-urusan publik.

 

POLITIK KESEJAHTERAAN KONTESTASI REZIM KESEJAHTERAAN DI INDONESIA


Judul asli : The Politics of Welfare : Contested Welfare Regimes in Indonesia
ISBN : 978-602-433-609-7

Buku Ini menyatakan kembali pentingnya konteks dalam kajian pengembangan kesejahteraan. Hal ini berarti bahwa kajian rezim kesejahteraan perlu diperhitungkan dalam memahami sejarah pembentukan negara-bangsa, karakter pembangunan ekonomi, dan struktur modal sosial, ketimbang semata-mata mengevaluasi kehadiran sekumpulan kebijakan sosial yang diusung oleh negara.

Kasus-kasus yang disajikan dalam bab-bab buku ini menunjukkan keadaan pluralisme pembangunan kesejahteraan di Indonesia.