Monthly Archives: September 2018

PERPUSTAKAAN UNIB DUKUNG PEMBENTUKAN FPPTI WILAYAH BENGKULU

Perpustakaan UNIB, – Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) yang merupakan salah satu organisasi perpustkaan yang ada di Indonesia. Hingga saat FPPTI sudah dibentuk hampir di seluruh wilayah provinsi yang ada di Indonesia. Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia sebagai organisasi yang beranggotakan dari seluruh perpustakaan yang ada di setiap perguruan tinggi baik negeri maupun yang swasta. FPPTI wilayah Bengkulu dibentuk melalui pertemuan rapat koordinasi di Perpustakaan Universitas Bengkulu pada tanggal 15 September 2018  yang menghasilkan panitia yang solid gunakan mewujudkan Musda satu FPPTI wilayah Bengkulu.

Musda satu FPPTI dan diskusi kepustakawanan yang diselenggarakan pada tanggal 26 September 2018 yang bertempat di ruang telekoference Universitas Dehasen Bengkulu dengan tema “Tantangan Pustakawan di Era Disrupsi”. Dalam pelaksanaan musda ini, dihadiri oleh bapak Wakil Rektor I Universitas Dehasen yang sekaligus membuka kegiatan Musda I FPPTI wilayah Bengkulu secara resmi. Selain itu Musda FPPTI ini juga dihadiri oleh pejabat dilingkungan Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu, kepala perpustakaan perguruan tinggi yang ada di provinsi Bengkulu, ketua IPI wilayah Bengkulu dan pustakawan.

Dalam kesempatan ini kepala Perpustakaan Universitas Bengkulu bapak Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si memimpin rapat komisi A yang membahas tentang tata tertib pemilihan ketua FPPTI wilayah Bengkulu untuk masa kepemimpinan 2018 – 2021.  Berdasar hasil kesepakan dan musyawarah sesuai dengan tatatertib yang ada maka menghasilkan kesepakatan bahwa ketua FPPTI wilayah Bengkulu di pimpin oleh bapak Adi Asmara, M.Pd. dari Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu,  Wakil ketua Isran Elnadi, M.Pd dari  Perpustakaan Universitas Bengkulu, Sekretaris Dr. Citra Dewi, M.Pd. dari Perpustakaan Dehasen. Sebagai Penasehat I bapak Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si dari Perpustakaan Universitas Bengkulu dan Penasehat II bapak Ahmad Irfan, M.PdI. dari Perpustakaan IAIN Bengkulu.

Pada kesempatan ini kepala Perpustakaan Universitas Bengkulu menyampaikan bahwa akan ada kegiatan pertama yang di selenggarakan Perpustakaan Universitas Bengkulu dan FPPTI bekerjasama dengan kemristekdikti dalam kegiatan sosialisasi pemanfaatan E-Jurnal yang sudah di langgan oleh Kementerian Riset dan Teknologi, kegiatan ini akan di laksanakan tanggal 18 Oktober 2018. adm/sp

PERPUSTAKAAN UNIB MENERIMA KUNJUNGAN DARI SMAN 2 BENGKULU

Perpustakaan UNIB – Dalam  rangka Program Kebijakan Sekolah Rujukan Kemendikbud tahun 2018, sebanyak 32 siswa kelas X IPS A SMAN 2 Kota Bengkulu beserta guru pendamping melakukan kunjungan di Perpustakaan Universitas Bengkulu pada Rabu (19 /09/2018).

Kunjungan tersebut disambut baik oleh Kepala UPT. Perpustakaan UNIB Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si, Kasubbag Umum Iswantoro basuki, S.Sos dan Pustakawan Ahli Muda Septi, S.Ikom di ruang kepala Perpustakaan. Salah seorang guru pendamping SMAN 2 Kota Bengkulu menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan ini yaitu untuk menjalin silaturahmi sekaligus menambah wawasan pengetahuan dari Perpustakaan UNIB sehingga minat baca siswa dapat ditingkatkan.

“Dari Kunjungan ini kami berharap siswa kelas X IPS A ini dapat lebih sering datang berkunjung dan menggunakan perpustakaan sebagai tempat mencari sumber informasi didalam pelajaran maupun referensi bahan lainnya. Diharapkan setelah adanya kunjungan ini para siswa termotivasi dan semakin giat lagi dalam membaca karena ketersedian bahan bacaan yang cukup lengkap di perpustakaan UNIB ini” imbuhnya.

SMAN 2 dalam kesempatan ini juga meminta sebagai narasumber dari UPT. Perpustakaan UNIB untuk dilibatkan apabila ada kegiatan workshop yang akan diselenggarakan di sekolah mereka dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan literasi informasi.

Kepala UPT. Perpustakaan UNIB Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si juga menyampaikan terima kasih kepada pihak SMAN 2 Kota Bengkulu yang telah bersedia menjadikan Perpustakaan UNIB sebagai rujukan dalam hal meningkatkan minat baca siswa. Perpustakaan merupakan salah satu faktor dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, dalam hal ini perpustakaan tetap menjadi rujukan bagi stakeholder dalam memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan dan informasi.

“Di Perpustakaan UNIB ini kami mempunyai layanan seperti BI Corner, Bengkulu Corner yang berisi tentang informasi-informasi tentang berbagai daerah yang ada di Provinsi Bengkulu, Ruang Seminar. bahkan ruang khusus pemustaka yang tujuannya untuk membantu pemustaka baik dosen dan mahasiswa dalam berkonsentrasi menulis skripsi, tesis dan disertasi” tambahnya.

 

Dalam kegiatan kunjungan ini, siswa diajak berkeliling melihat aktivitas apa saja yang ada di UPT Perpustakaan UNIB. Pustakawan menjelaskan mulai dari ruang teknologi informasi, ruang sirkulasi dan referensi. Siswa/siswi sangat antusias bertanya tentang bagaimana menjadi anggota perpustakaan, siapa saja yang boleh meminjam buku disini dan koleksi apa saja yang ada di perpustakaan UNIB. Pustakawan menjelaskan dengan senang hati semua pertanyaan siswa/siswi dan mereka puas dengan penjelasan dari pustakawan UPT Perpustakaan UNIB.

Kegiatan kunjungan tersebut ditutup dengan melihat secara langsung koleksi-koleksi apa saja yang ada di UPT. Perpustakaan UNIB dan dilanjutkan selfie-selfie pada tempat yang menarik perhatian mereka.[admin/sp]

KEPALA UPT. PERPUSTAKAAN JURI DALAM DUTA BACA PROVINSI BENGKULU TAHUN 2018

Bengkulu, Pemerintahan Provinsi Bengkulu sukses menggelar Grand Final Duta Baca Provinsi Bengkulu tahun 2018 dengan melalui seleksi panjang para kandidat sebanyak 46 orang yang bertempat di Hotel Raffles City, Rabu (29/8/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten l Pemprov Bengkulu Hamka Sabri, Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman, Kepala Perpustakaan Perpustakaan Nasional RI yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengembangan Minat Baca Deni Kuryadi, Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Bengkulu, Kepala UPT. Perpustakaan Universitas Bengkulu Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si yang ditunjuk sebagai juri dan para undangan lainnya.

Para dewan juri melakukan penyaringan sehingga terpilihlah 10 besar finalis yang maju ke babak final. Dari hasil kesimpulan pemilihan Duta Baca, Dewan Juri mentukan pemenang pertama diraih oleh Endang Saputra perwakilan dari Rejang Lebong, pemenang kedua Reka Amelia perwakilan dari Bengkulu dan pemenang ketiga Oki Aleksatono perwakilan dari Bengkulu.

“Membaca harus menjadi kebudayaan dan saya yakin membaca adalah suatu kebiasaan dan kebiasaan itu dapat ditularkan” tutur Endang.

Kepala UPT. Perpustakaan UNIB Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si menyampaikan bahwa penilaian para peserta yang terpilih sebagai duta baca yaitu berdasarkan tingkat membaca yang dinilai dalam kegiatan dan aktivitas sehari-hari yang dilihat langsung ke rumah masing-masing peserta.