Monthly Archives: April 2018

MATERI SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP

Materi : Plagiarisme, Etika, dan Kepatutan Akademik
Pemateri : Dr. Ida Fajar Priyanto, MA
(Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)
Materi seminar dapat di unduh melalui link
Plagiarisme (Dr. Ida Fajar Priyanto, MA)

Materi : Menulis Artikel Ilmiah Bebas Plagiasi
Pemateri : Hardivizon, M.Ag
Materi seminar dapat di unduh melalui link
[hardivizon] plagiarisme

 

Materi : Menghindari Plagiat di Era Digital
Pemateri : Amirul Ulum, S.Sos, M.IP
Silakan untuk mengunduh materi narasumber Bapak Amirul Ulum melalui link dibawah ini
Workshop Plagiarism_UNIB_190418

MAJALAH PARLEMENTARIA

                     EDISI 157 TH. XLVIII 2018

Parlementaria edisi 157 ini menyoroti antisipasi politik uang dan kampanye hitam (black campaign) dengan berharap, kontestasi demokrasi akan berjalan pada treknya, pemilu atau pemilu kepala daerah serentak yang jurdil dan bersih. Dengan demikian pesta demokrasi tersebut menghasilkan pemimpin yang bersih, amanah, berintegrasi sehingga mampu membawa masyarakat makin makmur dan sejahtera. Laporan utama edisi ini berisikan topik Potensi Politik Uang Selalu Ada. Menurut Wakil Ketua DPR Fadli Zon “Potensi politik uang selalu ada dengan memanfaatkan kelemahan dari konstituen dengan mengadakan atau menjanjikan atau memberikan uang”. Dengan kultur masyarakat yang lemah akan kesadaran politik, tentunya dapat dengan mudah dipengaruhi oleh uang dalam memilih calon tertentu. Hampir setiap pemberitaan selalu menampilkan kabar kurang baik mengenai perjalanan demokrasi yang membuat proses gugatan pasca pemilu selalu menumpuk di Mahkamah Konstitusi, salah satu yang menjadi gugatan adalah praktek politik uang yang dianggap sebagian besar pihak menilai hasil pemilu menjadi inkonstitutional.

Berbagai langkah telah disiapkan termasuk regulasi untuk memberantas politik uang. Sebab pada dasarnya politik uang mencederai demokrasi. Upaya penegakan hukum untuk melepaskan pilkada dari jerat politik uang harus lebih solid dan terkoordinasi antar aktor-aktor negara yang memegang otoritas.

Baca edisi ini di Ruang Referensi Perpustakaan Universitas Bengkulu.

BULETIN PARLEMENTARIA

Nomor 999/III/2018
Buletin Parlementaria edisi kali ini mengulas dua topik utama seperti BPIH Naik 0,9 Persen, Pelayanan Harus Ditingkatkan. DPR menekankan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2018 mengalami kenaikan 0,9 persen dibanding tahun lalu. Meskipun begitu, pelayanan harus tetap ditingkatkan sehingga kasus keterlambatan visa tidak boleh terjadi lagi, pelayanan katering dan akomodasi serta transportasi di Mekkah harus dijadikan prioritas, dengan begitu tingkat kepuasan jemaah makin meningkat. Kenaikan BPIH sebesar Rp345 ribu menurut Anggota Komisi VIII DPR Iqbal Romzi merupakan angka yang sangat realistis terkait dengan kenaikan harga di Arab Saudi dengan harapan jajaran Kemenag tetap meningkatkan semangat untuk memberikan pelayanan, perlindungan dan pengamanan terbaik kepada jamaah haji. POLRI Harus Antisipasi Kerawanan Pilkada. Peta kerawanan sudah dilakukan Polri, tinggal bagaimana teknis mengantisipasi kerawanan tersebut agar tidak terjadinya konflik horizontal. Mimika, Papua berada di rating teratas yang berpotensi menimbulkan kerawanan sosial dalam Pilkada serentak 2018. Menurut Anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin Suding di daerah tersebut ada lima pasang calon bupati, satu calon yang di dukung semua partai politik digugurkan oleh KPUD setempat sementara empat pasang calon lainnya dari jalur independen diloloskan. Tentu akan berpotensi menimbulkan konflik sosial.

Baca Buletin Parlementaria edisi ini Selengkapnya di Ruang Referensi Perpustakaan Universitas Bengkulu.

 

BENGKULU DI MATA KITA

Buku yang berjudul “Bengkulu Di Mata Kita” ini menceritakan dan menjelaskan tentang kebudayaan dan fenomena sosial yang ada di Bengkulu saat ini. Di bagian artikel terdapat judul (1) Masyarakat Tionghoa Bengkulu sebagai “Sistem Nilai Budaya”, (2) Media dan Khalayak, Seharusnya Sama-Sama Melek Media, (3) “Bengkulu Kota Pelajar”, Sudah atau Belum ?, (4) Bengkulu Kota Pariwisata, (5) Bunga Rafflesia Arnoldii, (6) kita seharusnya bersatu untuk PROSTITUSI, (7) Menyingkap keunikan Suku Serawai, (8) Nilai Kain Basurek bagi Masyarakat Bengkulu, (9) Masakan Khas Bengkulu, Ikan Pais (PENDAP), (10) Tabot Sudah Menjadi Upacara Tradisional Bengkulu, (11) Tabot Sebagai Ekspresi Universal, (12) Dinamika Realitas Media Lokal di Bengkulu, (13) Analisis Branding Sirup Jeruk Kalamansi, Produksi Koperasi Kultura Kalamansi Bengkulu, (14) Dialektika antara Sakralitas dan Festival dalam Ritual Perayaan Tabot, dan (15) Asumsi dan Solusi Kelangkaan BBM.

Buku ini hanya tersedia dalam judul Analisis Branding Sirup Jeruk Kalamansi, Produksi Koperasi Kultura Kalamansi Bengkulu.

Buku ini dapat di download melalui link
http://repository.unib.ac.id/350/

INOVASI LAYANAN PERPUSTAKAAN DAN FENOMENA HOAX

BAGIAN II: INOVASI LAYANAN PERPUSTAKAAN
LAYANAN KHUSUS KOLEKSI BENGKULU CORNER DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU
oleh Daryono, S.Sos
Buku ini merupakan kristalisasi semangat berkarya dari para pustakawan. Buku ini merupakan terbitan keempat dari tim KMP (Kelas Menulis Pustakawan). Salah satu judul yang terdapat di buku ini ditulis oleh Daryono, S.Sos yang merupakan Koordinator Pembinaan koleksi di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu. Dalam artikelnya dijelaskan layanan perpustakaan merupakan bagian penting dalam pencapaian keberhasilan suatu organisasi perpustakaan karena bagian layanan merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan perpustakaan yang berhubungan langsung dengan pemustaka dalam menyebarkan informasi. Inovasi layanan perpustakaan selalu dikaitkan dengan perkembangan dan penerapan teknologi informasi untuk layanan baik untuk penyimpanan, penelusuran, dan transaksi dalam layanan. Salah satu bentuk inovasi layanan yang digagas oleh Perpustakaan Universitas Bengkulu yaitu Layanan Koleksi Khusus “Bengkulu Corner” yang merupakan layanan koleksi tentang sosial budaya, adat istiadat, sejarah, geografi, politik, dan bahasa dari masyarakat Bengkulu baik yang ditulis oleh orang Bengkulu asli maupun karya-karya yang ditulis oleh orang lain tentang Bengkulu bahkan koleksi-koleksi sejarah otentik yang berasal dari arsip dan dokumen. 

Buku ini dapat di download melalui link
http://repository.unib.ac.id/14464/1/Layanan%20Khusus%20Bengkulu%20Corner.pdf 

 unib_library             @perpustakaanunib            082372260418