Monthly Archives: March 2018

TEKNOLOGI TEPAT GUNA PUPUK ORGANIK LOKAL DARI LIMBAH KARET: TEORI DAN APLIKASI

ISBN: 978-602-5483-05-9
Penulis buku ini Prof. Dr. Ir. Riwandi, MS, Dr. Ir. Prasetyo, MS, Ir. Hasanudin, MP dan Indra Cahyadinata, S.P, M.Si merupakan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Buku yang berjudul: “Pupuk Organik Lokal dari Limbah Karet” ini dibuat untuk kebutuhan petani karet, pelajar, mahasiswa, pengguna teknologi pertanian, akademisi, dan stakeholder yang lain. Dalam buku ini berisikan teori yang dimuat dalam Bab I s.d Bab III dan aplikasi dimuat dalam Bab IV s.d Bab V. Bab Penutup berisi rangkuman isi tulisan dalam buku ini. Bab I berisi pengertian, istilah, definisi, tujuan, dan manfaat tulisan ini. Bab II berisi aspek pupuk organik terutama macam pupuk organik yang dikenal, keunggulan dan kekurangan pupuk organik dibanding dengan pupuk anorganik, dampak pupuk organik terhadap kesuburan tanah dan juga terhadap hasil tanaman (baca: karet). Bab III berisi aspek getah karet yang dimuat di dalam sejarah perkembangan budidaya tanaman karet di dunia dan di Indonesia, komposisi yang dikandung di dalam getah karet (serum, protein, lemak, dan karbohidrat), dan peluang limbah karet sebagai pupuk organik lokal untuk pupuk tanaman karet di Indonesia. Bab IV berisi metode pembuatan pupuk organik lokal dan aplikasinya di kebun karet rakyat. Parameter uji yang digunakan sudah baku sehingga tidak perlu diragukan lagi keabsahannya. Aplikasi pupuk organik lokal dari limbah karet telah dicobakan di kebun karet rakyat yang telah menghasilkan getah (umur tanaman karet 8 tahun). Bab V berisi hasil percobaan terdiri atas pupuk organik lokal yang siap diaplikasikan di lapangan, dan hasil percobaan pupuk organik lokal di kebun karet rakyat.

Buku ini dapat di download melalui link
http://repository.unib.ac.id/15042/

HUKUM PERKAWINAN BEDA AGAMA DALAM TEORI DAN PRAKTIKNYA DI INDONESIA

Tulisan ini mengkaji peraturan-peraturan hukum yang berkaitan dengan masalah perkawinan, khususnya yang berkenaan dengan hukum perkawinan beda agama dan didukung dengan fakta fenomena-fenomena empirik di lapangan masih terjadinya perkawinan beda agama di tengah-tengah masyarakat yang telah terpola dalam kehidupan lembaga hukum perkawinan di Indonesia, juga menjadi salah satu alasan ditulisnya masalah ini, di samping alasan-alasan teknis lainnya. Dilatarbelakangi masih banyaknya masyarakat yang belum memahami tentang hukum perkawinan beda agama dan masalah-masalah yang timbul dalam pelaksanaannya di Indonesia. Sistematika penulisan ini dibagi menjadi 8 (delapan) Bab. Bab kesatu diuraikan tentang latar belakang. Bab kedua tentang kerangka teoritik, yang masing-masing menguraikan landasan teori yang dipakai dalam membahas dan mengkaji hukum perkawinan beda agama, seperti; teori Hak Azasi Manusia (HAM) teori hukum pembangunan, teori pluralisme hukum dan unifikasi hukum, teori chaos, dan teori hukum berbasis agama. Bab ketiga diuraikan tentang Pengaturan Perkawinan Beda Agama, yang dibagi dalam beberapa periode. Bab keempat diuraikan tentang Hukum Perkawinan Beda Agama menurut agama-agama, antara lain; (1) Menurut agama Islam, meliputi; (i) Perkawinan antara seorang pria Muslim dengan wanita Musyrik, (ii) Perkawinan antara seorang pria Muslim dengan Ahlul-kitab, (iii) Perkawinan antara seorang wanita Muslim dengan pria non Muslim. (2) Menurut agama Nasrani, meliputi; (i) Agama Katolik, (ii) Agama Protestan, (3) Menurut agama Hindu, (4) Menurut agama Budha, (5) Menurut agama Khonghuchu, dan (6) Menurut beberapa negara Muslim. Bab kelima diuraikan tentang Praktik Perkawinan Beda Agama di Indonesia, yang meliputi: (i) Perkawinan Beda Agama berdasarkan Penetapan Pengadilan dan Yurisprudensi Mahkamah Agung Republik Indonesia, (ii) Perkawinan Beda Agama yang dilaksanakan di luar negeri dan akibat hukumnya. Bab keenam diuraikan tentang sahnya Perkawinan Beda Agama ditinjau dari Undang-undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974. Bab ketujuh diuraikan tentang upaya hukum yang dapat dilakukan apabila pasangan Perkawinan Beda Agama mengalami penolakan oleh Kantor Catatan Sipil, Kantor Urusan Agama, dan Pengadilan. Terakhir Bab kedelapan dimuat beberapa kesimpulan dan saran.

Buku ini diambil dari laman Repository Universitas Bengkulu
http://repository.unib.ac.id/11437/

BAHAN AJAR: KESUBURAN TANAH DAN PEMUPUKAN

ISBN : 978-602-5483-39-4

Bahan ajar ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan pengajaran pada mata kuliah Kesuburan Tanah dan Pemupukan (AGT-320) yang sumber pustakanya banyak ditulis dalam bahasa asing dan jumlahnya terbatas. Bahan ajar ini didasarkan kepada pengalaman mengajar dan meneliti sejak tahun 2003 sampai dengan sekarang. Tulisan ini didasarkan pada urutan tatap muka di kelas sehingga mahasiswa dapat mempelajari materi perkuliahan sebelum materi tersebut disampaikan. Materi yang ditulis merupakan kompilasi dan/atau rangkuman dari bahan pustaka yang digunakan pada kegiatan perkuliahan dan hasil penelitian penulis selama 10 tahun terakhir. Penelitian di bidang pertanian termasuk budidaya tanaman karet dan pemupukannya banyak membantu menerangkan peristiwa yang terjadi di kebun karet. Bab pemupukan tanaman karet ini adalah bagian penting dari bahan ajar ini. Produksi getah karet sangat ditentukan oleh jenis, dosis/takaran, dan cara memupuk di kebun karet.

Buku ini dapat di download melalui link
http://repository.unib.ac.id/15057/

e-LEARNING FISIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH MX

ISBN: 979-3289-64-3
Buku ini berisikan tentang konsep dasar Macromedia Flash MX yang meliputi penggunaan tool-tool dan komponen pemrograman ActionScript untuk animasi fisika, yang digunakan dalam pembuatan teknologi e-learning khususnya gerak dua dimensi. Adapun gambar-gambar yang ada dalam buku ini diambil dari menu Help Macromedia Flash MX. Dalam buku ini penyusun mengimplementasikan Macromedia Flash MX tersebut dalam teknologi e-learning serta melengkapi tulisan ini dengan beberapa contoh aplikasi program dalam ilmu fisika. keunikan dan kelebihan Flash ini adalah mampu membuat animasi yang cukup baik dan “hidup” serta interaktivitas yang sangat menarik bagi pengguna dibandingkan dengan dengan bahasa pemrograman lainnya. Penggunaan Macromedia Flash MX dengan ActionScript-nya untuk animasi relatif lebih mudah dan mampu menghasilkan animasi yang lebih baik.

Link download buku ini
http://repository.unib.ac.id/7213/

MENULIS ARTIKEL JURNAL INTERNASIONAL DENGAN GAYA RETORIKA BAHASA INGGRIS

ISBN: 978-602-269-075-7
Buku ini ditulis oleh Prof. Safnil MA., Ph.D Diterbitkan dengan kerjasama Halaman Moeka Publishing dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Buku ini ditujukan bagi para peneliti atau akademisi Indonesia untuk menyosialisasikan hasil penelitian mereka dalam jurnal internasional yang bekerja secara mandiri. Namun, amat disarankan para peneliti dan akademisi Indonesia untuk bekerja dan berpublikasi secara kolaboratif karena gaya berpublikasi secara kolaboratif telah menjadi norma umum pada publikasi di jurnal internasional. khususnya buku ini menyajikan panduan praktis tentang cara menyesuaikan gaya retorika artikel jurnal penelitian para peneliti Indonesia yang ditulis dalam bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris dengan gaya retorika yang berterima (acceptable) bagi pembaca jurnal internasional. Sebagian besar informasi dan data dalam buku itu berasal dari disertasi program doktoral Safnil Arsyad di Linguistics Department, Faculty of Arts of Australian National University, Canberra Australia di mana dia memperoleh gelar Ph.D. Buku ini melanjutkan kajian apa yang telah dimulainya dalam disertasi doktor tersebut namun ruang lingkup penelitiannya telah diperluas dan mencakup panduan praktis secara rinci dalam menulis artikel jurnal penelitian bagi para peneliti Indonesia untuk layak dipublikasikan dalam jurnal internasional. Buku ini sangat cocok digunakan sebagai buku teks karena didasarkan pada analisis retorika komparatif tentang artikel jurnal penelitian dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Sebagai bagian panduan praktis, Safnil Arsyad juga menyertakan contoh surat-menyurat antara penulis dan editor jurnal internasional yang pasti akan dialami oleh setiap orang yang berpublikasi di jurnal internasional.

Link download :
http://repository.unib.ac.id/11451/