Monthly Archives: November 2013

Buletin Teknik Pertanian

Volume 18 No 1 2013  ISSN 0853-8379

(1) Teknik Pengujian Daya Berkecambah Benih Padi Pada Beberapa Jenis Subsrtat (Ahmad Yajid). Laboratorium uji mutu benih balai besar penelitian tanaman padi (BB Padi) mempunyai tugas untuk melakukan pengujian mutuh benih. (2) Teknik Analisis Kandungan Protein Beras Giling Pada Beberapa Varietas Padi Gogo Dan Padi Rawa Dengan Menggunakan Alat Semiotomatis Pro-Nitro A (Diah Arismiati). Kandungan zat gizi utama dalam beras giling adalah karbohidrat (80%) dan protein (7-10%), serta mineral, vitamin B, dan sedikit lemak (Setyono et al. 2008).. (3) Teknik Pengujian Patotipe Bakteri Penyebab Penyakit Hawar daun Bakteri Pada Tanman Padi (Umin Sumarlin). Penyakit hawar daun bakteri (HDB) yang disebabkan oleh bakteri Xonthomonas oryzae (Xoo) merupakan salah satu penyakit penting di Negara-negara penghasil padi di Asia, terutama Indonesia…(4) Teknik Perbanyakan Blenceng (Dieffenbachia) Secara In Vitro (Supenti). Belnceng atau Dieffenbachia merupakan tanaman tropis yang berdaun indah. Habitat aslinya adalah lingkungan lembap dengan kondisi tanah yang gembur.. dan (5) Teknik Perbanyakan Anggrek Dendrobium Varietas Gradita-10 Pada Media Cair (Nina M). Anggrek merupakan tanaman hias yang mempunyai nilai estetika tinggi karena berbunga indah dengan warna menarik. Selain sebagai tanaman pot berbunga indah,anggrek juga dikenal sebagai bunga potong yang mempunyai arti penting dalam perdangan bunga,sehingga bunga anggrek merupakan sumber penghasilan bagi masyarakat yang membudidayakannya.,…(zl)

Hubungi pustakawan Lia atau Septi di L3 Gedung UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu jika anda tertarik membaca buletin ini.

Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian

Vol.35 Nomor 1 Tahun 2013.  ISSN 0216-4427

warta(1) Potensi Sagu Kepulauan Riau. Kepulauan Riau, terutama kabupaten Kepulauan Meranti, termasuk daerah penghasil utama sagu di Indonesia. Sagu dimanfaatkan sebagai bahan baku sohun dan berbagai makanan seperti Mi sagu dan kue kering. Sebagian tepung dan pati sagu yang diproduksi di Kabupaten Kepulauan Meranti juga dipasarkan ke Malaysia dan Jepang., (2) Dering 1: Kedelai Unggul Baru Toleran Kekeringan. Melalui penelitian secara intensif, Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian (Baliktabi) yang bernaung di bawah pusat Peneltitan dan pengembangan tanaman Pangan (Puslitbangtan) telah menghasilkan satu varietas unggul kedelai yang dilepas oleh Menteri Pertanian pada tahun 2012…(3) Paket Alat Mesin Pengolah Benih Padi untuk UPBS. Unit pengelola benih sumber (UPBS) di lingkup badan litbang pertanian dituntut menyediakan benih bermutu tinggi untuk diperbanyak dan dikembangkan oleh penangkar atau insitusi pertanian.,..(zl)

Vol.35 Nomor 2 Tahun 2013.  ISSN 0216-4427

(1) Sistem Surjan : Kearifan Lokal Budi Daya Di Lahan Rawa. Petani dilahan rawa sudah sejak lama mengenal dan menggunakan system surjan dalam budi daya pertanian. Mengacu pada kearifan lokal ini, Badan Litbang Pertanian kemudian meneliti dan mengembangkan lahan rawa untuk usaha tani di beberapa daerah..(2) Jagung Hibrida Putih Baru Untuk Konsumsi Pangan. Jagung Hibrida yang berkembang di petani hingga saat ini berbiji kuning dan umumnya digunakan untuk pakan. Dua jagung hibrida rakitan Badan Litbang Pertanian yang telah dilepas pada pertenganhan 2012 berbiji putih dan cocok untuk pangan karena mengandung asam amino esensial yang lebih baik…(3) Pemanfaatan Air Kolong Tambang Timah Untuk Pertanian. Penambangan timah di Bangka Belitung meninggalkan banyak kolong atau lubang besar bekas galian tambang yang berisi air. Padi sawah yang diusahakan pada lahan bekas tambang timah di Bangka dengan memanfaatkan air kolong sebagai sumber pengairan tumbuh dengan baik.selain padi, air kolong juga dapat dimanfaatkan untuk pengairan tanaman jagung dan kedelai.. (4) Pelestarian Aroma Padi Varietas Unggul Lokal Pandanwangi. Banyak konsumen yang kecewa dengan beras Pandanwangi yang dijual dipasaran karena tidak aromatik. Sebagian petani pun beralih menanam varietas lain karena kekecewaan konsumen membuat harga jual beras pandanwangi “Palsu” sama dengan beras nonaromatik…(5) Integrasi Ternak Kambing dengan Tanaman Kubis. Integrasi ternak kambing dengan tanaman kubis memberikan peluang peningkatan nailai tambah usaha tani. Limbah daun kubis dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang bergizi, sedangkan kotoran ternak berguna sebagai pupuk organik… dan (6) Cendawan Ganoderma Mulai Mengancam Tanaman Pinang?. Pinang termasuk komoditas ekspor, tetapi belum dikelola dengan baik. Budi daya pinang masih tradisional, hanya sebagai tanaman pembatasan kebun atau tanaman pagar, meski di beberapa daerah sudah dibudidayakan dalam bentuk populasi. Di Tanjung Jabung Barat. Jambi, ditemukan beberpa pohon pinang yang mati karena gangguan cendawan Ganoderma.…(zl)

Warta ini dapat dibaca di Layanan Referensi Lt 3 Gedung UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

Majalah Warta BPK

Edisi 6. Vol.III. Juni 2013

Warta BPK

 

(1) Lagi-Lagi, Opini WDP Untuk LKPP Tahun 2012. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan sejumlah persoalan dalam pemeriksaan laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) tahun 2012, Karena itu BPK memeberikan opini wajar dengan pengecualian (WDP) terhadap LKPP tahun2012. Meski begitu BPK mencatatkan ada peningkatan jumlah Kementerian dan lembaga (K/L) yang memperoleh opini wajar tanpa Pengecualian (WTP).,…(zl)

(2) Kerugian Negara Terjadi Jika Rekomendasi BPK Tidak Dijalankan. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK menemukan penganggaran belanja barang dan belanja modal di 41 Kementerian /lembaga sebesar Rp 24,93Miliar tidak sesuai ketentuan. Selain itu,terdapat penggunaan belanja pada 72 Kementerian /lembaga yang tidak sesuai ketentuan dan berindikasi menrugikan Negara sebesar Rp 546,01 miliar, termasuk yang belum dipertanggungjawabkan sebesar Rp 240,16 miliar, serta pembayaran belanja barang dan belanja modal di akhir tahun sebesar Rp 1,31 Triliun tida sesuai realisasi fisik.,…(zl)

Hubungi pustakawan Lia atau Septi di Layanan Referensi untuk mendapatkan majalah ini.

Respon Jurnal Etika Sosial

Volume 17-Nomor 01-Juli 2012.   ISSN 0853-8689

Artikel yang disajikan antara lain :  (1) Bioregionalisme : Menyatunya Ekonomi Dengan Ekologi (A. Sonny Keraf). Sepanjang sejarah pradaban moden, kapitalisme terus-menerus dikritik sebagai pembawa malapetaka dan biang kerok dari segala krisis yang melanda pradaban manusia modern. Krisis ekonomi global dewasa ini dituding sebagai ulah parktik ekonomi kapitalis yang mengorbankan keadilan sosial dan dengan itu menyuburkan konflik antara golongan kaya dan miskin dalam masyarakat., (2) Menggali Cikal Bakal Martabat Hidup Publik Dalam Terang Filsafat Politik Aristoteles (Emanuel Prasetyo). Pemikiran politik Niccollo Machiavelli didasarkan pada konsep mengenai kekuasaan seorang penguasa sebagai kenyataan yang sejati dan rasionalitas universal. Rakyat adalah massa yang menyatakan kepentingan kelompok dan rasionalitas particular dan karena itu bisa dikuasai dan diatur demi kepentingan kekuasaan.,….(zl)

Jurna; dapat dibaca di Layanan Referensi Lt 3 Gedung UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

 

Jurnal Analisis dan Informasi Kedirgantaraan

Vol.9 No.1 Juni 2012   ISSN 1412-8071

(1) Analisis Implementasi E-Governent Pada Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi Di Indonesia (Igif G. Prihanto). Sejak dikeluarkannya Inpres Nomor 3/2003, setiap Kementerian, Non Kememnterian, Provinsi dan Kabupaten /Kotamadya telah mengimplementasikan dan mengembangkan e-Government. (2) Kebutuhan Kebijakan Pendidikan Keantariksaan Di Indonesia : Pengaruh Lembaga Perguruan Tinggi Dalam Mendukung Hubungan Space Resarch Dan Space Industry Terhadap Minat Generasi Muda (Intan Perwitasari). Konsepsi kedirgantaraan nasional (1998), melalui rekonmendasi dewan penerbangan dan antariksa nasional (DEPANRI), menempatkan sumber daya manusia sebagai salah satu unsure kedirgantaraan yang wajib diupayakan oleh Negara., .(3) Analisis Peristiwa Penembakan Satelit Oleh China Dengan Menggunakan Teknologi Anti Satellite System (ASAT) Berdasarkan Hukum Inernasional.  (Mardianis) . Uji coba senjata ASAT sudah dilakukan sejak tahun 1959 oleh Amerika Serikat dan susul oleh Rusia. Peristiwa penggunaan teknologi ASAT oleh China yang menembak satelitnya sendiri, telah menimbulkan persepsi yang beragam diantara Negara-negara.,(4) Perkembangan Terkini Pembahasan Isu Definisi Dan Delimitasi Antariksa Pada Sidang Uncopuos (Martin J. Chania). Isu definisi dan delimitasi antariksa masuk agenda subkomite hukum, UNCOPUOS berdasarkan proposal Prancis yang disampaikan kepada majelis umum PBB pada tahun 1966., dan (5) Analisis Pengaturan Internasional Tentang “ Prinsip Maksud Damai” Dan Membentuk Penerapannnya Dalam Kegiatan  Antariksa (Nessia Marga L). Teknologi antariksa dapat digunakan untuk kepentingan militer dan sipil (Dua Uses). Kepentingan sipil dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan komersial dan kepentingan militer ditujukan untuk kegiatan sistem  persenjataan.,…(zl)

Jurnal ini dapat dibaca di Layanan Referensi Lt 3 Gedung UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu