Monthly Archives: September 2013

Media Kearsipan Nasional.

Edisi 60/Januari-April/2013.ISSN 0216-0323

Artikel menarik yang disajikan pada edisi ini antara lain : (1) Selamatkan Arsip Milik Negara Dari Bencana. Tak dapat dipungkiri, ekspedisi ‘cincin api’ yang diselenggarakan KOMPAS pada beberapa tahun lalu setidaknya telah menggugah kesadaran bahwa bangsa Indonesia hidup berdekatan dengan wilayah wilaya yang berbahaya… (2) Pendokumentasian Arsip Bencana Upaya Mengetahui Pola Penanggulangan Bencana (Tuti Sri Widayanti). (3) Penanggulangan Kerusakan Arsip Akibat Bencana Banjir (Azmi). Bencana yang kerap kali terjadi di Negara kita dalam beberapa dekade terakhir telah telah membangunkan masyarakat dari tidur panjang. Bahwa bencana dapat terjadi setiap saat.. (4) Belajar Mengatasi Banjir Dari Herman Van Breen (Dharwis Widya U Y). Saat musim penghujan tiba, banjir selalu menghantui Jakarta, ibu kota Negara kesatuan republik  Indonesia. bahkan menjadi musibah tahunan yang sepertinya tak mungkin teratasi… (5) Gempa Bumi Negeri Cincin Api (Tyanti Sudarani). Jika diumpamakan tangan seorang gadis, Indonesia adalah jari manis yang dilingkari cincin. Namun demikian cincin ini bukalah sembarang cincin. Dibalik indahnya cincin tersebut ternyata menimbulkan banyak bencana. Cicncin ini dikenal dengan nama The ring of fire atau cincin api… dan (6)
Menguak Misteri Meletusnya Gunung Krakatau 1883 Melalui Arsip (R. Suryagung SP). Ketika mendengar nama karakatau atau krkatoa, kita pasti langsung tertuju dengan sebuah gunung yang meletus tahun 1883. Menurut para vulkanolog, karakatau telah ada sejak masa purba.,….(zl)

Majalah ini dapat dibaca di Layanan Referensi Lt 3 Gedung UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu

Raker XVIII IPI dan Seminar Ilmiah Tahun 2013

Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan 1-3 Oktober 2013

Raker IKAPI2013

Secara teratur setiap 3 tahun IPI melaksanakan konggres untuk memilih pengurus, menjalin silaturrahmi, menyusun program kerja, meninjau ulang apa yang sudah dan hendak dilakukan. Konggres IPI selalu disertai dengan kegiatan ilmiah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman sebagai suatu usaha untuk meningkatkan kualitas anggotanya yang diharapkan akan bermuara kepada mutu layanan.

Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung tanggal 1-3 Oktober 2013 di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Peminat dapat menghubungi Dra. Nani Suryani, M.Si (08159869705) dan Aryani S.Sos (0817738338).

Terima kasih

 

Majalah Trans. Media

Edisi 3/2013

Pada edisi ini diisajikan beberapa artikel, diantaranya : (1) Angkutan Perintis Menyisir Daerah Terisolir. Tahun 2013 tercacat sebagai tahun investasi bagi Indonesia. sudah selayaknya pemerataan pembangunan menjadi perhatian semua pihak. Indicator perhatian nyata dari Kementerian perhubungan ke arah…(2) Transportasi Mendukung Konektivitas Menyukseskan MP3E. Agar tahan lari cepat, pelari perlu vitamin. Bagi NKRI, vitamin itu bernama MP2E1 atau masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia. Inilah program andalan Presiden.., (3) 2013 tahun Panen Moda Perintis Baru. Tahun 2013 boleh dikatakan merupakan tahun panen (pembukaan) moda perintis di berbagai daerah terisolir di wilayah Indonesia. baik moda udara maupun laut. Ada yang baru ada pula yang “hidup kembali” setelah…, (4) Peluang Penerbangan Perintis. Meskipun prospeknya bagus namun pelayanan penerbangan perintis baru mampu melayani separoh dari kebutuhan yang ada. Kemampuan operator angkutan udara printis pada… (5) Menhub Bantu Pengadaan Bus Perintis.Kementerian perhubungan mengucur dana yang diprgunakan untuk bus. Penyerahan bus bantuan kategori yaitu bus bantuan untuk angkutan perintis…. dan (6) Masyarakat Anambas Antusias miliki bandara. Masyarakat Kabupaten  Anambas akan segera berbangga hati, karena keinginan untuk memiliki Bandar udara segera terwujud ..(zl)

Majalah ini dapat dibaca di Layanan Referensi Lt 3 Gedung UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu. Hubungi pustakawan Septi atau Lia.

Terima kasih atas kunjungannya

Suara Guru

Edisi; Juli-Agustus 2013. ISSN 0216-186X

(1) Otonomi Sekolah Menaikkan Profesiomalisme Guru. Sejatinya Indonesia menjadi Negara yang maju di bidang pendidikan. Enam puluh delapan tahun sudah tekad memajukan bangsa ini sejajar dengan bangsa-bangsa yang maju di dunia terbilang lama., (2) Profesionalisme Guru Dalam UU No.14 Tahun 2005. Apa jadinya jika tunjangan professional tidak dibarengi oleh profesiomalisme? Dalam iklim kompetisi yang ketat sekarang ini, bisnis apapun akan mempertaruhkan layanan yang profesionalisme.. (3) Berharap Guru Profesional Dari Sistem yang belum Profesionalisme?. Karena dilakukan secara bertahap, rata-rata nasional hasil uji kompetisi (UKG) pada tahun 2013 ini belum bisa disimak oleh masyarakat. UKG juga menghadirkan sejumlah keluhan plus fakta-fakta dari lapangan bahwa UKG diselenggarakan dengan tidak professional (4) Dicari Guru ‘Out Of the Box’ Bukan Kurikulum 2013 (Gunawan). Kurikulum pendidikan menjadi arah bagi orientasi meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa. Sepanjang sejarah, sejak tahun 1950-an  hingga 2012 sedikitnya sudah 9 kali digulirkan perubahan kurikulum. Tuntutan zaman menjadi salah satu variable kurikulum harus turun mesin…., (5) Profesionalisme Guru Jaminan Sukses Pendidikan. Kemajuan bangsa ini hanya bisa ditempuh dengan adanya jaminan guru yang professional. Bisa dibayangkan apa persaingan yang muncul ditahun 2021? Yang jelas ini menjadi beban kaum intelektual.,.. dan (6) Menentukan Kelulusan Dengan Sistem Tebak Biji Manggis (Sahman Sabirin). Amburadulis penyelenggaraan gelar ujian nasional (UN) 2013 memicu kritik agar Kemendikbud membubarkan hajatan evaluasi tahunan itu.,..(zl)

Terima kasih atas kesediannya berkunjung ke UPT Perpustakaan UNIB.

Majalah Keluarga Mandiri Gemari

Edisi 150/Tahun XIV Juli 2013

(1) Semarang Siap Sukseskan Posdaya. Pada rabu pagi 15 mei 2013 lalu menjadi sangat berkesan bagi Bupati Semarang, Jawa Tengah, Dr H Mundjjrin ES, SpOG. Pasalnya…, (2) Posdaya Atasi Problema Gaya Hidup Remaja. Gaya hidup remaja terutama kalangan pelajar dan mahasiswa tengah menjadi isu hangat kependudukan nasional. Kurangnya pemahaman dalam mengatasi berbagai masalah yang mereka hadapi ternyata…
(3) Tabur Puja Kredit Lunak Untuk Keluarga Posdaya. Kredit tabor puja digulirkan untuk mendorong dan memotivasi keluarga-keluarga miskin yang tergabung dalam…, (4) Memperkuat Ekonomi Kerakyatan. Indonesia terus membangun, ekonomi kerakyatan, ekonomi yang berdasarkan falsafah pancasila, gotong royong antara mereka yang mampu dan mereka yang sedang berusaha keras untuk maju dengan…, (5) Universitas Trilogi Siap Berdayakan Masyarakat Pantai dan Laut. Universitas trilogy sebagai perguruan tinggi yang melahirkan teknopreneurship kembali memperluaskan jaringan. Dalam rangka.., (6) Strategi Kependudukan Dengan Pendekatan Keluarga Paripurna. Masyarakat sekarang ini jauh lebih pintar dibandingkan tahun 70-an. Mereka tidak hanya mau kontrasepsi, tetapi juga  kehidupan yang lebih sejahtra. Itu sebabnya… dan (7) Semua Anak Harus Sekolah. Setiap orang berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, baik mereka yang memiliki keturunan orang berada dengan kekayaan yang berlimpah, ataupun mereka yang..,..(zl)
Majalah ini dapat dibaca di Layanan Referensi Lt 3 Gedung UPT Perpustakaan UNIB.
Terima kasih telah memanfaatkan fasilitas UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu