Monthly Archives: February 2013

Suara RAFFLESIA No.10/Tahun 1 Desember 2012

IMG00334-20130207-1447Duta Informasi

(1) Tips menjadi Pimpinan Yang baik. Menjadi pimpinan yang baik, merupakan sebuah hal yang jarang bisa dilakukan tiap orang. Sebenarnya tiap orang pasti pernah menjadi pemimpin, baik itu untuk ruang lingkup yang kecil seperti keluarga atau bahkan untuk dirinya sendir, pada intinya menjadi pemimpin yang baik itu merupakan bagian penting bagi kehidupan seseorang, (2) Bengkulu Berpotensi Jadi sentra Hortikultura, Sekretaris Ditjen Hortikultura Kementerian pertanian Mat syukur mengatakan propinsi Bengkulu memiliki potensi sentra tanaman hortikultura karena empat komoditas prioritas ekspor nasional tumbuh baik di daerah ini, (3) Pembagian Bibit Sawit Mendejahterakan kehidupan Rakyat Bengkulu, Bengkulu selatan jumlah kebun sawit mencapai 137188 ha, Ada yang belum menghasilkan dan ada juga yang sudah menghasilkan. (4) Potensi Perikanan Tangkap Potensi sumberdaya alam yang berkaitan dikabupaten Bengkulu utara ditandai oleh banyaknya Kolam ( Air deras /Air tenang) Dan sawah sebagai lahan untuk budidaya Perikanan. Selain itu kabupaten Bengkulu utara memiliki potensi dalam pengembangan perikanan laut.Dengan Panjang garis pantai Kurang lebih 299 Km terletak dipesisir barat Sumatra yang berbatasan Langsung dengan Samudra Indonesia, dan (5) Produksi Padi Lebong Melampaui Target Nasional Sektor Pertanian Lebong kembali membukukan catatan peningkatan produksi padi yang melampui target Nasional 5,00 persen. Menurut kepala dinas Pertanian Propinsi Bengkulu Ir. Muchlis Ibrahim, sabtu (16/4) di desa Ketenong Jaya, Kecamatan Pinang Belapis, Mengatakan, Peningkatan Produksi Lebong Tahun 2010, Berdasarkan angka sementara badan pusat statistik 2010, Mencapai 6,6 Persen. (zl)

Baca artikelnya di Layanan Serial Lt. 3 Gedung UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu.

KOMPETISI Edisi 35 Tahun 2012

KompetisiMEDIA BERKALA KOMISI PENGAWAS PERSAINGAN USAHA

Media ini diterbitkan oleh Komisi Pengawas Persaingan Uasaha Republik Indonesia. Artikel yang disajikan pada edisi ini antara lain ialah :

  •  Persaingan Sehat dalam Bingkai Otonomi Daerah, 

Penolakan atau menutup Akses berusaha satu orang atau kelompok atas orang atau kelompok lain bisa jadi menjadi fenomena puncak gunung Es. Meski kondisi tersebut terjadi dalam skala yang berbeda, Melarang orang berusaha dengan Alasan Apapun Melanggar UU No.5.tahun 1999 Tentang larangan pratek monopoli dan persaingan Usaha tidak sehat.

  • Perlu Dibangun Sinergi KPPU dengan Pemda (Ramadhan Siregar).

Peran Pemerintah daerah dalam mendukung terciptanya persaingan usaha yang sehat guna mewujudkan pasar yang adil sangatlah besar, namun kenyataan dilapangan masih banyak yang tidak sesuai harapan,

  •   Penerapan UU OTDA, Peran pemimpin daerah Dioptimalkan. 

Kurang Sinerginya antara pemerintah pusat dan daerah dalam melaksanakan perintah UU mengenai otonomi daerah menyebabkan sering terjadinya miskoordinasi dilapangan  sehingga penyelelnggaraan pemerintah tidak berjalan mulus dan tumpang tindih (Abdullah Hakam Naja), dan (4)  

  • KPPU Melindungi Akses Uasaha Kecil  (A. Junaidi )  

Teori Ekonomi Persaingan secara umum bertolak dari perspektif bahwa persaingan pasar merupakan instrument utama pencapaian Efisiensi usaha baik dalam pengertian productive ataupun dynamic efficiency.(zl)

 

LOMBA PENULISAN ARTIKEL BAGI MAHASISWA MENGENAI INVESTASI EMAS

Sebagai rangkaian peringatan HUT PT Pegadaian yang ke 112 di tahun 2013 diselenggarakan Lomba Penulisan Artikel mengenai Investasi Emas dengan peserta mahasiswa. Kriteria lomba :

Terbuka untuk mahasiswa

Karya tulis berbentuk artikel, orisinil, bukan saduran, bukan terjemahan, dan sedang tidak diikut sertakan dalam lomba lain yang sejenis

Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara populer dan komunikatif

Artikel mengangkat salah satu tema pilihan lomba : (1) Mengenai emas sebagai alat investasi, (2) Investasi emas sebagai cara cerdas untuk melindungi nilai asset, (3) Emas sebagai investasi jangka panjang, (4) Kelebihan emas sebagai media investasi, (5) Berinvestasi emas di Pegadaian

Naskah diketik pada ukuran  A4 berjarak 2 spasi, Times New Roman, 12 font, 5000 sd 5300 karakter (sekitar 700 kata) atau maksimal 3 halaman A4

Peserta wajib mengirimkan : print out naskah artikel, foto kopi KTM yang masih berlaku, dan bio data singkat (cantumkan no HP yang mudah dihubungi)

Cantumkan di sudut kiri amplop Kategori Mahasiswa, selambatnya dikirim (cap pos) 15 Maret 2013 ke alamat Kantor Wilayah III Palembang Jl. Merdeka No. 11 Palembang 30123

Pendaftaran mulai 1 Maret sd 15 Maret 2013

Hadiah untuk juara I, 15 gram Logam Mulia (LM)

Hadiah untuk juara II, 10 gram Logam Mulia (LM)

Hadiah untuk juara III, 5 gram Logam Mulia (LM)

Ayo ayo ….. ikuti lomba ini

MEDIA KEUANGAN

TRANSPARANSI KEBIJAKAN FISKAL

Majalah ini diterbitkan oleh  Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan.  Edisi volume VII  No.64/ Desember 2012 berisi artikel di antaranya : (1) Momentum Kebangkitan ( Haruadi Setiawan); (2) Kejar Penerimaan pajak dengan 7 langkah Strategis ( Yani Kurnia Astuti), (3) Penghematan Energi untuk mendorong pertumbuhan Ekonomi (Yessika Ayurisna), (4) Meneropong Perekonomian Tahun Depan (Dwinanda Ardhi), dan (5) Dunia Kembali Dilanda Ancaman krisis Ekonomi (Arfindo Briyan Santoso).

Baca majalah ini di Layanan Serial Lt. 3 Gedung UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu.

Warta BPK

INDEPENDENSI- INTEGRITAS- PROFESIONALISME

Edisi 10-Vol.II Oktober 2012 berisi beberapa artikel di antaranya :  (1) BPK DAERAH  Mengawal Anggaran untuk Kemakmuran Rakyat, (2) HAMBALANG AMBLAS, HAMBALANG MEMANAS  Hambalang yang sedianya menjadi pusat olahraga bertaraf Internasional  dikemudian hari malah Terindikasi korupsi, (3) PROYEK HAMBALANG RUGIKAN NEGARA Rp. 243,66 MLIAR BPK Mencatat potensi Kerugian negara dalam proyek Hambalang mencapai Rp. 234 Miliar. Indikasi Kerugian dengan membandingkan jumlah dana yang dikeluarkan oleh Kemenpora Dengan nilai pekerjaan sebenarnya. dan (4) PIUTANG BUMN BUKAN PIUTANG NEGARA (Mahkamah Konstitusi)

Baca warta ini di Layanan Serial Lt. 3 Gedung UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu