Category Archives: Buku

Isu dan Dilema Dalam Bioetika

ISBN 978-602-14208-2, Cetakan Pertama Juli 2013, Penerbit Asosiasi Ilmu Forensik Indonesia (AIFI)

IMG_00000128

Buku yang ditulis oleh Qomariyah Sachrowardi dan Ferryal Basbeth ini disunting oleh Juneman (Anggota Pendiri Asosiasi Ilmu Forensik Indonesia) ini terdiri atas 7 bab yaitu : (1) Kompetensi dan Kapasitas Dalam Pengambilan Consent Seorang Pasien, (2) Etika Penggunaan Plasebo dan Mitos Plasebo Ortodoks, (3) Transplantasi Ginjal, (4) Analisis Etika Terkait Resusitasi Jantung Paru, (5) Surrogate Mother, (6) Etika terhadap Pasien Kanker, dan (7) Kepemilikan Jaringan dan Paten Kedokteran.

Menurut penulis, buku ini ditulis antara lain untuk memperdalam pemahaman penerapan bioetika dalam praktik kedokteran dan kesehatan.

Buku ini dapat dipinjam di Layanan Sirkulasi Lt 2 Gedung UPT Perpustakaan UNIB, hubungi pustakawan Daryono atau Rita Sujarwati untuk memperoleh informasi koleksi-koleksi lainnya.

Terima kasih

Isu Etik Dalam Penelitian di Bidang Kesehatan

ISBN 978-602-14208-0-5, Cetakan Pertama Juli 2013, Penerbit Asosiasi Ilmu Forensik Indonesia

IMG_00000133

Buku yang disunting oleh Juneman (Jurusan Psikologi Universitas Bina Nusantara) ini terdiri atas 11 bab yaitu : (1) Strategi Etika Penelitian Dalam Bidang Kesehatan, (2) Isu Etika Database DNA Forensik, (3) Isu dan Dilema Pada Penelitian dengan Menggunakan Material Biologi Manusia, (4) Etika Penelitian pada Cryonics dan Body Farm, (5) Meta Analisis dalam Penelitian Psikologis, (6) Permasalahan Etik pada Assisted Reproductive Technology, (7) Masalah Etika dalam Peneltiian dengan Subjek Penderita Gangguan Jiwa, (8) Penelitian di Negara Berkembang dalam Keterbatasan Sumberdaya, (9) Isu Etika dalam Uji Kelainan Genetika, (10) Isu Etik dalam Penelitian Farmakogenomik, dan (11) Etika Penelitian.

Ilmu-ilmu Forensik (forensic sciences) adalah aplikasi semua disiplin ilmu yang dapat digunakan untuk sistem legal maupun non-litigasi. Ilmu kedokteran forensik di Indonesia jauh lebih berkembang dibanding dengan ilmu-ilmu forensik lainnya. Penerbitan buku ini merupakan andil yang besar terhadap pemahaman yang lebih baik mengenai isu-isu yang timbul dalam penelitian di bidang kesehatan di Indonesia. Demikian antara lain sambutan Ketua Asosiasi Ilmu Forensik Indonesia, Prof. Ir. Oetarjo Diran, vi.M.S.A.E.

Buku ini dapat dipinjam di Layanan Sirkulasi Lt 2 Gedung UPT Perpustakaan UNIB, hubungi pustakawan Daryono untuk memperoleh informasi koleksi-koleksi lainnya.

Terima kasih

Operasi Sandi Yudha

Menumpas Gerakan Klandestin

IMG_00000130

 

 

 

 

 

Buku ini ditulis oleh A.M Hendropriyono, diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas, Agustus 2013. Terdiri atas  8 bab : 1. Ganyang Malaysia, 2. Komunisme Internasional, 3. Pergolakan di Sarawak, Brunei dan Sabah, 4. Gerakan Klandestin di Kalimantan Barat, 5. Operasi Sandi Yudha, 6. Operasi gabungan Pasukan Indonesia-Malaysia, 7. Penyergapan terhadap gembong Klandestin/Gerilya, dan 8. Pertemuan dengan Bekas Musuh.

Buku ini dapat diperoleh di Layanan Sirkulasi Lt 2 Gedung UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu.

 

Wajah Perekonomian Indonesia dan Prospeknya


perekonomianBuku ini berusaha memotret perekonomian Indonesia dan Prospeknya sehingga diperoleh gambar yang mewakili kondisi perekonomian selama 2012. Di bagian akhir dipaparkan sejumlah tantangan yang menghadang di tahun 2013 yang memerlukan perhatian sehingga tidak menjadi hambatan bagi kemajuan perekonomian nasional.

Terima kasih kepada Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang telah mengirimkan buku dan CD versi digitalnya. File pdf nya dapat diunduh pada menu DOWNLOAD.

Selamat membaca

Ketika Caleg Dibohongi Rakyat

Buku Ketika Caleg

 

Penulis : Deny Nofriansy
Tahun : 2011
ISBN : 978-979-1032-65-0
Penerbit : KATTA, 2011

Artikel yang tersaji dalam buku ini seperti : (1) Diskriminasi politik cabut Hak pilih PNS atau bebaskan PNS Berpolitik. Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilarang keras berpolitik Praktis!, larangan tersebut termasuk dalam hal suksesi pemenangan salah satu calon dalam pilkada atau pemilukada, jangankan masuk kedalam tim, memberikan dukungan kepada salah satu calon saja tidak diperbolehkan,secara eksplisit dapat kita baca pada pasal 4 PP no.53 tahun 2010 tentang disipilin PNS. Pasal tersebut melarang setiap  PNS untuk.., (2) Mau Kemana Pemekaran Wilayah?. Diberlakukannya sistem desentralisasi di era reformasi, diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi daerah, manfaat tersebut antara lain……, (3) Anda LSM Plat Apa ?. Bagai cendawan dimusim hujan.begitu kira-kira bunyi pepatah untuk menggambarkan keberadaan lembaga swadaya masyarakat (LSM) saat ini, Keberadaan LSM seyogyanya menjadi wadah perjuangan aspirasi masyarakat,ironisnya, fakta dilapangan justru menggambarkan hal yang sangat berbeda, masyarakat mengejek keberadaan LSM dengan menyetir kepanjangan menjadi “ lembaga suka memeras “ apa memang ini karakter LSM sesungguhnya…, (4) Gerakan Kaum Ibu Upaya merekayasa Kodrat?. Mencermati atmosfer keadaan wanita dalam arus modernisasi kekinian adalah sebuah hal yang sangat menarik untuk dikaji, pergerakan kaum wanita dalam arus madernisasi dan globalisasi saat ini telah mengalami berbagai macam metamorfosis yang menuai berbagai macam prestasi di masing-masing bangsa……

Buku ini tersedia di Layanan Sirkulasi Lt.2 Gedung UPT Perpustakaan UNIB. Untuk informasi buku ini daan buku lainnya pengguna dapat menghubungi pustakawan Daryono atau Rita Sujarwati.

Selamat membaca