Category Archives: Buku

POLITIK KEWARGAAN DI INDONESIA

Judul asli : Politics of Citizenship in Indonesia
Penerbit : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Argumen utama buku ini adalah bahwa kewargaan dibentuk dan dipraktikkan melalui serangkaian gerakan melawan ketidakadilan. gerakan-gerakan ini berupa serangkaian perjuangan oleh rakyat di level akar rumput dan kelas menengah beserta organisasi perwakilan dan para aktivisnya untuk pengakuan kultural, keadilan ekonomi dan sosial, serta representasi politik yang berujung pada keterlibatan mereka dengan negara melalui proses-proses diskursif dan non-diskursif kendati negara menjadi simpul yang utama, perjuangan-perjuangan ini seringkali masih tercerai-berai baik antar sektor maupun posisi-posisi subjek dalam membangun rantai solidaritas antar fragmen perjuangan tersebut sangatlah penting, namun upaya-upaya yang dilakukan selama ini masih belum memenuhi harapan.

Buku ini menyajikan studi kasus-kasus politik kewargaan dalam konteks dan sudut pandang beragam untuk menunjukkan bagaimana warga terlibat dalam kehidupan publik dengan tujuan untuk menjadikan warga dan kewargaan sebagai fokus utama, alih-alih menempatkannya sebagai latar belakang dalam kajian-kajian demokrasi dan proses demokratisasi yang riil karena demokrasi bukanlah sekadar soal memberikan hak-hak individu kepada warga negara, demokrasi dalam buku ini adalah persoalan keterlibatan aktif warga dalam urusan-urusan publik.

 

POLITIK KESEJAHTERAAN KONTESTASI REZIM KESEJAHTERAAN DI INDONESIA


Judul asli : The Politics of Welfare : Contested Welfare Regimes in Indonesia
ISBN : 978-602-433-609-7

Buku Ini menyatakan kembali pentingnya konteks dalam kajian pengembangan kesejahteraan. Hal ini berarti bahwa kajian rezim kesejahteraan perlu diperhitungkan dalam memahami sejarah pembentukan negara-bangsa, karakter pembangunan ekonomi, dan struktur modal sosial, ketimbang semata-mata mengevaluasi kehadiran sekumpulan kebijakan sosial yang diusung oleh negara.

Kasus-kasus yang disajikan dalam bab-bab buku ini menunjukkan keadaan pluralisme pembangunan kesejahteraan di Indonesia.

 

TEMATIK TERPADU “BERBAGAI PEKERJAAN” UNTUK KELAS IV SD DAN MI

Buku Teks Tematik Terpadu ini di terbitkan oleh UNIB PRESS tahun 2018. Penulis dalam buku ini juga merupakan tenaga pengajar FKIP Universitas Bengkulu. Buku ini ditujukan untuk Siswa SD dan MI. Buku ini dapat menjadi sarana penunjang proses belajar siswa. Kompetensi inti dan kompetensi dasar dicapai dengan berbagai pendekatan bidang studi, dalam satu cakupan tema. Hasil belajar menjadi lebih konkret, bisa diukur dan proses belajar pastilah menyenangkan. Dalam buku ini enam mata pelajaran yang disajikan secara tematik terpadu dengan jam pelajaran sesuai dengan porsinya dalam satu minggu yaitu PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP (Seni Budaya dan Prakarya, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Berbagai kegiatan yang kontekstual dan menyenangkan disajikan untuk mendukung proses pembelajaran menuju pencapaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013.

 

BENGKULU DI MATA KITA

Buku yang berjudul “Bengkulu Di Mata Kita” ini menceritakan dan menjelaskan tentang kebudayaan dan fenomena sosial yang ada di Bengkulu saat ini. Di bagian artikel terdapat judul (1) Masyarakat Tionghoa Bengkulu sebagai “Sistem Nilai Budaya”, (2) Media dan Khalayak, Seharusnya Sama-Sama Melek Media, (3) “Bengkulu Kota Pelajar”, Sudah atau Belum ?, (4) Bengkulu Kota Pariwisata, (5) Bunga Rafflesia Arnoldii, (6) kita seharusnya bersatu untuk PROSTITUSI, (7) Menyingkap keunikan Suku Serawai, (8) Nilai Kain Basurek bagi Masyarakat Bengkulu, (9) Masakan Khas Bengkulu, Ikan Pais (PENDAP), (10) Tabot Sudah Menjadi Upacara Tradisional Bengkulu, (11) Tabot Sebagai Ekspresi Universal, (12) Dinamika Realitas Media Lokal di Bengkulu, (13) Analisis Branding Sirup Jeruk Kalamansi, Produksi Koperasi Kultura Kalamansi Bengkulu, (14) Dialektika antara Sakralitas dan Festival dalam Ritual Perayaan Tabot, dan (15) Asumsi dan Solusi Kelangkaan BBM.

Buku ini hanya tersedia dalam judul Analisis Branding Sirup Jeruk Kalamansi, Produksi Koperasi Kultura Kalamansi Bengkulu.

Buku ini dapat di download melalui link
http://repository.unib.ac.id/350/

INOVASI LAYANAN PERPUSTAKAAN DAN FENOMENA HOAX

BAGIAN II: INOVASI LAYANAN PERPUSTAKAAN
LAYANAN KHUSUS KOLEKSI BENGKULU CORNER DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU
oleh Daryono, S.Sos
Buku ini merupakan kristalisasi semangat berkarya dari para pustakawan. Buku ini merupakan terbitan keempat dari tim KMP (Kelas Menulis Pustakawan). Salah satu judul yang terdapat di buku ini ditulis oleh Daryono, S.Sos yang merupakan Koordinator Pembinaan koleksi di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu. Dalam artikelnya dijelaskan layanan perpustakaan merupakan bagian penting dalam pencapaian keberhasilan suatu organisasi perpustakaan karena bagian layanan merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan perpustakaan yang berhubungan langsung dengan pemustaka dalam menyebarkan informasi. Inovasi layanan perpustakaan selalu dikaitkan dengan perkembangan dan penerapan teknologi informasi untuk layanan baik untuk penyimpanan, penelusuran, dan transaksi dalam layanan. Salah satu bentuk inovasi layanan yang digagas oleh Perpustakaan Universitas Bengkulu yaitu Layanan Koleksi Khusus “Bengkulu Corner” yang merupakan layanan koleksi tentang sosial budaya, adat istiadat, sejarah, geografi, politik, dan bahasa dari masyarakat Bengkulu baik yang ditulis oleh orang Bengkulu asli maupun karya-karya yang ditulis oleh orang lain tentang Bengkulu bahkan koleksi-koleksi sejarah otentik yang berasal dari arsip dan dokumen. 

Buku ini dapat di download melalui link
http://repository.unib.ac.id/14464/1/Layanan%20Khusus%20Bengkulu%20Corner.pdf 

 unib_library             @perpustakaanunib            082372260418