Category Archives: Berita

UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU TERAKREDITASI A

Bertempat di Ruang Rapat lantai 1 UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu, Tim Pusat Lembaga Akreditasi Perpustakaan – Perpustakaan Nasional RI beserta seluruh Tim Akreditasi UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu hadir dalam rangka pemberian Sertifikasi  Akreditasi Perpustakaan. Penyerahan sertifikat diberikan langsung oleh Tim Pusat Lembaga Akreditasi Perpustakaan – Perpustakaan Nasional RI pada Kamis (20/12/2018).

Penyerahan sertifikat diterima langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si di Ruang Diskusi lantai I. Sebelum proses penerimaan sertifikat akreditasi, para tim Pusat LAP-PN RI melihat keseluruhan ruangan yang ada di Perpustakaan.

Dari Hasil yang telah ditetapkan oleh Pusat Lembaga Akreditasi Perpustakaan – Perpustakaan Nasional RI 2018, UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu terakreditasi A. Kedepan perpustakaan harus dapat meningkatkan motivasi dan kinerja menjadi lebih baik lagi, dan perpustakaan dapat melakukan peningkatan dalam hal: Penambahan koleksi buku elektronik (e-book), melanggan data base, modifikasi rak buku agar terlihat bagus, taman hijau agar terasa hijau dan nyaman, penambahan ruang diskusi pemustaka, papan struktur organisasi, visi dan misi serta papan statistik kegiatan.

Tak hanya itu Perpustakaan harus meningkatkan  perabot rak multimedia, jumlah pengunjung juga perlu di tingkatkan baik secara manual maupun on-line dengan menggalakkan literasi dan promosi perpustakaan. Yang tak kalah penting kepala perpustakaan diharapkan dijabat oleh fungsional pustakawan (profesional).

Perlu adanya peningkatan jumlah anggaran per tahun termasuk persentase anggaran perpustakaan dibanding anggaran Perguruan Tinggi. (Susialia Fitriani, Pustakawan UPT  Perpustakaan UNIB.

GRAND FINAL DUTA BACA UNIB

Perpustakaan Universitas Bengkulu hari ini gelar  acara pemilihan duta baca Universitas Bengkulu. Pemilihan duta baca ini di ikuti oleh 28 orang peserta yang berasal dari 8 fakultas yang ada di lingkungan Universitas Bengkulu. Antusiasnya pemustaka untuk mengikuti acara ini terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar sebagai peserta kepada panitia.

Setelah melakukan beberapa tahapan dalam seleksi dan penilaian yang sudah ditentukan oleh panitia yaitu tahap pertama melakukan seleksi administrasi persyaratan peserta yang sudah dilakukan hingga tanggal 5 Desember 2018.

Hari ini tanggal 6 Desember dilanjutkan dengan seleksi penilaian secara tertulis dan dilanjutkan dengan wawancara. Setelah melakukan beberapa seleksi maka pada hari ini panitia menghasil 3 peserta terbaik yang berhak untuk mengikuti grand final yang akan dilaksanakan bersamaan dengan pemilihan duta kampus Universitas Bengkulu.

Untuk nama-nama peserta masuk grand final adalah sebagai berikut:

Trimakasih kami ucapkan kepada seluruh peserta yang sudah mengikuti pemilihan Duta Baca Universitas Bengkulu Tahun 2018, dan selamat berjuang bagi peserta yang lolos ke grand final. admin/sp

Survey E-resources Ristekdikti

Sebagai bentuk tindaklanjut kerjasama UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu dalam pemanfaatan database Ejournal yang dilanggan oleh Kemenristekdikti maka kami harap respon dari semua pemustaka untuk dapat mengisi survey di bawah ini:

Menyampaikan kembali Survey E-resources Ristekdikti

Dengan hormat,
Dalam rangka program pengembangan perguruan tinggi melalui pemanfaatan e-journal, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual kembali telah melanggankan sejumlah koleksi elektronik jurnal (e-journal) untuk dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia

Untuk mengetahui kebermanfaatan e-journal tersebut, maka kami bermaksud melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi pemanfaatan e-journal tahun 2018 secara online. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan dan kerjasama Saudara untuk menginformasikan ke civitas akademika di perguruan tinggi Saudara untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi pemanfaatan e-journal tahun 2018 secara online sampai dengan 30 November 2018 di-link berikut:

http://bit.ly/survey-eresources

Sehubungan dengan pembatasan akses e-resources tahun 2019 hanya untuk 400 perguruan tinggi, maka partisipasi pengisian monitoring dan evaluasi pemanfaatan e-journal secara online dari masing-masing perguruan tinggi akan berdampak pada pemberian akses e-resources untuk tahun 2019.

Informasi Monev E-Journal online:
https://ristekdikti.go.id/pengumuman/monitoring-evaluasi-pemanfaatan-e-journal-online-2/

Link Username dan password e-journal:
http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/ejournal/Default.aspx

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Salam,

Perpustakaan Canangkan Stop Plagiat

Perpustakaan UNIB,- Kemajuan teknologi dan perkembangan koleksi digital tidak dapat dihindari, seperti koleksi digital e-journal, ebook yang tentu menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya ilmiah.  Namun sebagai lembaga yang berfungsi dalam menyebarkan informasi tentu UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu juga berkewajiban untuk memberikan himbauan kepada pemustaka untuk bersikap santun dalam melakukan sitasi dan dapat menghargai hasil karya orang lain sebagai sumber rujukannya.

Himbauan dan peringatan yang disampaikan UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu berupa pemberian rambu-rambu :

Sebagai lingkungan akademisi yang tak lepas dari dunia penelitian baik itu mahasiswa, dosen dan pustakawan. himbauan ini tentu berlaku bagi semua kalangan akademisi yang ada di Universitas Bengkulu.

Himbauan keras diberikan agar pemustaka tidak melakukan plagiat dimanapun dan kapanpun dia berhadapan dengan sebuah rujukan dalam menulis karya ilmiah. Sehingga diharapkan pemustaka percaya diri akan hasil karya yang dia lakukan.

Harapan dari UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu dengan dicanangkan “Stop Plagiat” akan dapat memberikan kontribusi terhadap hasil karya ilmiah sivitas akademika Universitas Bengkulu dan masyarakat pada umumnya. Percaya akan kemampuan diri sendiri dan menghargai hasil karya orang lain. adm/sp

Pemanfaatan Database E-Journal

Perpustakaan UNIB,- Pada tahun 2018, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melanggankan empat paket langganan akses e-journal bagi perguruan tinggi Ke depan pihak Kemenristekdikti terus berupaya untuk meningkatkan jumlah langganan database sehingga perguruan tinggi tidak perlu melanggan jurnal-jurnal yang sudah dilanggan oleh Kemenristekdikti.

Harapan dari adanya langganan akses e-journal ini adalah meningkatnya jumlah publikasi berkualitas yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti di Indonesia yang dapat meningkatkan daya saing penelitian Indonesia di tinggkat global. Oleh karena itu akan terus dilakukan sosialisasi, monitoring dan evaluasi untuk meningkatkan pemanfaatan akses database e-journal yang dilanggan sehingga anggaran yang dikeluarkan dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Melalui kerjasama dalam pemanfaatan E-Journal ini UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu juga berkewajiban untuk menyebarkan informasi ini kepada seluruh sivitas akademika Universitas Bengkulu. Semoga dengan adanya database yang dilanggan oleh kemenristekdikti ini akan meningkatkan kualitas bahan rujukan dalam penulisan karya ilmiah bagi pemustaka UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu.

A. Database Yang dilanggan

1.Basisdata Bidang Ilmu Ebsco Agriculture Plus Pertanian  lihat  Username : ns180941  Password : password

 Ebsco Computers & Applied Sciences Complete Mipa

Ebsco Engineering Source Teknik

2. Basis Data yang Dilanggan untuk Kelompok Bidang Ilmu II  lihat  Username : ptn039    Password :    success

Basis Data Bidng Ilmu Cengage Business and Economics

Collection Ekonomai Cengage Educational Database Pendidikan ProQuest Arts & Humanities Seni dan Humaniora Cengage Social Science Collection Sosial Cengage Humanities Collection Humaniora Cengage Arts Collection Seni

3. Basis Data yang Dilanggan untuk Kelompok Bidang Ilmu III  lihat  Username : 56DT32MV79  Password : newpqdikti2012

Basis Data Bidang Ilmu ProQuest Biological Science Database Kesehatan

B. Strategi pemanfaatan e-research

Untuk melakukan akses kepada setiap database bisa masuk melalui masingmasing database dengan username dan password yang berbeda dan langkah yang berbeda untuk setiap database.

memanfaatkan fasilitas federated search dimana pengguna masuk melalui satu pintu dan setelah mendapatkan referensi yang diinginkan dari masing-masing database baru menggunakan username dan password, dengan fasilitas ini pengguna tidak perlu menelusuri setiap database tapi satu fasilitas pencarian untuk semua database, namun dalam implementasinya diserahkan kepada kenyaman pengguna.

Setelah menentukan tempat mencari (sumber informasi), selanjutnya adalah melakukan penelusuran pada sumber tersebut. Untuk efisiansi dalam melakukan penelusuran maka perlu dibuat suatu strategi dengan langkah penelusuran sebagai berikut:

  1. Menentukan topik yang kita cari
  2. Menentukan kata kunci – Pilih satu sampai tiga kata yang paling mewakili topik. Jangan mencari banyak kata secara bersamaan. Jangan pilih kata sambung. Kata kunci umumnya adalah kata benda. – Gunakan beberapa alternatif kata misal sinonim
  3. Menentukan batasan penelusuran misal tahun pilih 5-10 tahun terakhir, bahasa, format dokumen (word, pdf, dll), Cakupan geografis,
  4. Setelah ada tampilan hasil, pilih artikel yang relevan
  5. Simpan hasil dalam folder yang dinamai atau lokasi yang mudah diingat dan ditemukan
  6. Gunakan reference manager untuk mengelola referensi (mendeley, zotero dll)

C. Proses Search satu pintu pada laman  

    http://ristekdikti.summon.serialssolutions.com

Summon merupakan Web Scale Discovery Services yang dapat menjadi portal utama dalam pencarian e-journal dan e-book yang dilanggan atau dimiliki Kemenristekdikti.  Untuk mengakses konten dalam Summon Ristekdikti, pastikan sudah memiliki akun untuk mengakses berbagai konten elektronik yang disediakan Ristekdikti. Untuk petunjuk akses bisa dilihat pada brosur dibawah ini,  Penulis/ adm sp

BROSUR akses database E-Journal Buku 2018