Category Archives: Dokumen

Publikasi Informasi 2018

Perpustakaan UNIB,- UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu sebagai lembaga yang berfungsi menyebarkan informasi dari berbagai sumber kepada pemustaka. Informasi tersebut berupa brosur, leaflet, pamflet, poster yang bersumber dari berbagai lembaga, instansi.

Sebagai salah satu media promosi yang dilakukan adalah media cetak, namun dalam penyebarannya agar mudah sampai dengan cepat kepada pemustaka melalui online baik itu web dan media sosial lainnya.

Beberapa informasi brosur yang disebarkan secara online :

 

 

 

Pemanfaatan Database E-Journal

Perpustakaan UNIB,- Pada tahun 2018, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melanggankan empat paket langganan akses e-journal bagi perguruan tinggi Ke depan pihak Kemenristekdikti terus berupaya untuk meningkatkan jumlah langganan database sehingga perguruan tinggi tidak perlu melanggan jurnal-jurnal yang sudah dilanggan oleh Kemenristekdikti.

Harapan dari adanya langganan akses e-journal ini adalah meningkatnya jumlah publikasi berkualitas yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti di Indonesia yang dapat meningkatkan daya saing penelitian Indonesia di tinggkat global. Oleh karena itu akan terus dilakukan sosialisasi, monitoring dan evaluasi untuk meningkatkan pemanfaatan akses database e-journal yang dilanggan sehingga anggaran yang dikeluarkan dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Melalui kerjasama dalam pemanfaatan E-Journal ini UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu juga berkewajiban untuk menyebarkan informasi ini kepada seluruh sivitas akademika Universitas Bengkulu. Semoga dengan adanya database yang dilanggan oleh kemenristekdikti ini akan meningkatkan kualitas bahan rujukan dalam penulisan karya ilmiah bagi pemustaka UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu.

A. Database Yang dilanggan

1.Basisdata Bidang Ilmu Ebsco Agriculture Plus Pertanian  lihat  Username : ns180941  Password : password

 Ebsco Computers & Applied Sciences Complete Mipa

Ebsco Engineering Source Teknik

2. Basis Data yang Dilanggan untuk Kelompok Bidang Ilmu II  lihat  Username : ptn039    Password :    success

Basis Data Bidng Ilmu Cengage Business and Economics

Collection Ekonomai Cengage Educational Database Pendidikan ProQuest Arts & Humanities Seni dan Humaniora Cengage Social Science Collection Sosial Cengage Humanities Collection Humaniora Cengage Arts Collection Seni

3. Basis Data yang Dilanggan untuk Kelompok Bidang Ilmu III  lihat  Username : 56DT32MV79  Password : newpqdikti2012

Basis Data Bidang Ilmu ProQuest Biological Science Database Kesehatan

B. Strategi pemanfaatan e-research

Untuk melakukan akses kepada setiap database bisa masuk melalui masingmasing database dengan username dan password yang berbeda dan langkah yang berbeda untuk setiap database.

memanfaatkan fasilitas federated search dimana pengguna masuk melalui satu pintu dan setelah mendapatkan referensi yang diinginkan dari masing-masing database baru menggunakan username dan password, dengan fasilitas ini pengguna tidak perlu menelusuri setiap database tapi satu fasilitas pencarian untuk semua database, namun dalam implementasinya diserahkan kepada kenyaman pengguna.

Setelah menentukan tempat mencari (sumber informasi), selanjutnya adalah melakukan penelusuran pada sumber tersebut. Untuk efisiansi dalam melakukan penelusuran maka perlu dibuat suatu strategi dengan langkah penelusuran sebagai berikut:

  1. Menentukan topik yang kita cari
  2. Menentukan kata kunci – Pilih satu sampai tiga kata yang paling mewakili topik. Jangan mencari banyak kata secara bersamaan. Jangan pilih kata sambung. Kata kunci umumnya adalah kata benda. – Gunakan beberapa alternatif kata misal sinonim
  3. Menentukan batasan penelusuran misal tahun pilih 5-10 tahun terakhir, bahasa, format dokumen (word, pdf, dll), Cakupan geografis,
  4. Setelah ada tampilan hasil, pilih artikel yang relevan
  5. Simpan hasil dalam folder yang dinamai atau lokasi yang mudah diingat dan ditemukan
  6. Gunakan reference manager untuk mengelola referensi (mendeley, zotero dll)

C. Proses Search satu pintu pada laman  

    http://ristekdikti.summon.serialssolutions.com

Summon merupakan Web Scale Discovery Services yang dapat menjadi portal utama dalam pencarian e-journal dan e-book yang dilanggan atau dimiliki Kemenristekdikti.  Untuk mengakses konten dalam Summon Ristekdikti, pastikan sudah memiliki akun untuk mengakses berbagai konten elektronik yang disediakan Ristekdikti. Untuk petunjuk akses bisa dilihat pada brosur dibawah ini,  Penulis/ adm sp

BROSUR akses database E-Journal Buku 2018

DATA KEPENDUDUKAN SEMESTER II TAHUN 2017

Data Kependudukan Provinsi Bengkulu yang tersaji merupakan data SEMESTER II tahun 2017 yang secara resmi sudah dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan oleh seluruh lembaga pemerintah / non pemerintah lainnya. Data Kependudukan yang disusun oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu yaitu merupakan data kependudukan hasil pelayanan administrasi kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten / Kota yang dilakukan setiap saat dengan mempergunakan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Data Kependudukan berbasis Nomor Induk Kependudukan telah teruji ketunggalannya melalui perekaman sidik jari dan iris mata, sehingga kualitas data dapat lebih terjamin. Data Kependudukan sebagaimana yang dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 dipergunakan untuk pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, penegakan hukum dan pencegahan kriminal. Undang-Undang nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan telah mengamanatkan bahwa data Kependudukan Skala Nasional diterbitkan secara berkala per semester, yaitu semester I pada 30 Juni dan semester II pada 31 Desember.

MATERI WORKSHOP RDA


Materi Workshop Oleh : Suharyanto
Judul : Kebijakan Pengatalogan Berbasis Resource Description and Access (RDA)
Link Download :
KEBIJAKAN PENGATALOGAN BERBASIS RESOURCE DESCRIPTION AND ACCESS (RDA)


Materi Workshop Oleh : R. Deffi Kurniati
Judul : Pengantar Pengatalogan Berbasis Resource Description and Access (RDA)
Link Download :
PENGANTAR PENGATALOGAN BERBASISPENGANTAR PENGATALOGAN BERBASIS RESOURCE DESCRIPTION AND ACCESS (RDA)


Materi Workshop Oleh : Yus Yusuf Rangga W., SS
Judul : Praktik Pengatalogan RDA dan Tahapan-tahapannya
Link Download :
Workshop Pengatalogan Berbasis RDA

SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU

Kegiatan dies natalis Universitas Bengkulu merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu tahun 2018 seperti Seminar Nasional dan Workshop dengan tema “Menulis Cerdas Tanpa Plagiasi di Era Digital”. Kegiatan ini dilaksanakan pada kamis (19/4/2018) bertempat di Nala Hotel Pantai Panjang, Bengkulu.

Kegiatan ini merupakan langkah bagi perpustakaan dalam mengantisipasi bagi sivitas akademika Universitas Bengkulu dalam membuat sebuah karya ilmiah baik itu skripsi, tesis, disertasi dan juga artikel yang akan dipublikasikan di jurnal-jurnal online. Dapat dilihat dari jumlah pendaftar yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 230 peserta terdiri dari mahasiswa, dosen, peneliti, pustakawan, dan bahkan guru yang berasal dari Provinsi Bengkulu dan bahkan dari luar Provinsi Bengkulu.

Seminar Nasional dan Workshop perpustakaan ini menghadirkan tiga narasumber : Dr. Ida Fajar Priyanto, MA dari Perpustakaan UGM dengan materi Plagiarisme, Etika, dan Kepatutan Akademik, Hardivizon, M.Ag dari STAIN Curup dengan materi Menulis Artikel Ilmiah Bebas Plagiasi, serta narasumber workshop Amirul Ulum, S.Sos, M.IP dari Perpustakaan Universitas Surabaya (UBAYA) dengan materi Menghindari Plagiat di Era Digital dan praktek menggunakan aplikasi untuk mengecek tingkat kesamaan hasil karya ilmiah.

Kegiatan seminar nasional dan workshop dibuka langsung oleh Rektor UNIB, dan tampak hadir  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kepala UPT. Kerjasama Luar Negeri (KSLI) Universitas Bengkulu dan juga Kepala Perpustakaan Selingkung Provinsi Bengkulu.


Pemustaka malam hari di perpustakaan

Acara diawali sambutan Kepala UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si.  menyampaikan bagaimana kondisi Perpustakaan Universitas Bengkulu saat ini dan harapan akan perkembangan perpustakaan kedepan. Kepala Perpustakaan UNIB Berharap Perpustakaan dapat menambah jam layanan hingga malam hari karena dilihat dari hasil survei dilapangan secara spontan, ternyata pemustaka cukup banyak yang memanfaatkan fasilitas Perpustakaan seperti wifi hotspot untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.

Sambutan dari Rektor Universitas Bengkulu Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc sekaligus membuka acara Seminar Nasional dan Workshop perpustakaan secara resmi. Dalam sambutannya Rektor UNIB menyampaikan bahwa menulis harus diiringi dengan banyak membaca karena minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah. Dengan adanya Kegiatan Seminar Nasional dan Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat Indonesia, terkhusus bagi minat baca dan menulis pemustaka perpustakaan Universitas Bengkulu, ujarnya.

Sambung Rektor, guna memenuhi kebutuhan jam layanan bagi pemustaka perpustakaan Universitas Bengkulu, maka akan ditambah jam layanan perpustakaan Universitas Bengkulu hingga malam hari. Selain itu akan dibangun fasilitas-fasilitas pendukung seperti foodcourt agar pemustaka semakin tertarik dan betah berada di perpustakaan.

  

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan MoU dengan 7 perpustakaan  yang  berada di selingkung Provinsi Bengkulu dan satu dari luar Provinsi Bengkulu. Kerjsama perpustakaan ini yaitu terdiri dari Perpustakaan Universitas Surabaya (UBAYA), Perpustakaan STAIN Curup, Perpustakaan IAIN Bengkulu, Perpustakaan Dinas dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Provinsi Bengkulu, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu, dan Perpustakaan Dinas dan Kearsipan Kota Bengkulu. Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung oleh Rektor UNIB, Kepala UPT Kerjasama Luar Negeri Universitas Bengkulu juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan Universitas Bengkulu.

Materi pertama Seminar dan Workshop di sampaikan Dr. Ida Fajar Priyatno, MA. Menulis tanpa membaca itu sangat sulit dan menulis itu lebih sedikit dari berbicara. Plagiarisme itu dapat dibagi menjadi empat yakni direct plagiarism, self plagiarism, mosaic plagiarism dan accidental plagiarism. Selain itu karya dan penelitian bangsa Indonesia yang masuk dalam publikasi ilmiah di jurnal terpublikasi internasional jumlahnya masih rendah, jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga terlebih lagi jika dibandingkan dengan Korea Selatan, China, Jepang dan India kata Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D, Ujarnya.

Hardivizon, M.Ag, menjelaskan bahwa  masyarakat Indonesia harus lebih meningkatkan minat baca dan menulis. Menulis agar tidak dibilang plagiat maka menulis harus mencantumkan sumber aslinya atau daftar pustakanya.

Workshop dari Amirul Ulum, S.Sos, M.IP merupakan penutup kegiatan Seminar Nasional dan Workshop. Pemaparannya berkutik pada trik untuk menghindari dari plagiarism dengan adanya gerakan “AkSaRa” artinya Akui ParafraSa IntegRasi. Workshop ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi “turnitin” dengan proses bagaimana menggunakan dan melakukan pengecekan sebuah hasil karya ilmiah untuk melihat tingkat persentase plagiat yang ada pada sebuah hasil karya ilmiah.

  

Acara Seminar Nasional dan Workshop ini ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta, panitia dengan narasumber./by.septi