Category Archives: Publikasi

Perpustakaan Canangkan Stop Plagiat

Perpustakaan UNIB,- Kemajuan teknologi dan perkembangan koleksi digital tidak dapat dihindari, seperti koleksi digital e-journal, ebook yang tentu menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya ilmiah.  Namun sebagai lembaga yang berfungsi dalam menyebarkan informasi tentu UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu juga berkewajiban untuk memberikan himbauan kepada pemustaka untuk bersikap santun dalam melakukan sitasi dan dapat menghargai hasil karya orang lain sebagai sumber rujukannya.

Himbauan dan peringatan yang disampaikan UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu berupa pemberian rambu-rambu :

Sebagai lingkungan akademisi yang tak lepas dari dunia penelitian baik itu mahasiswa, dosen dan pustakawan. himbauan ini tentu berlaku bagi semua kalangan akademisi yang ada di Universitas Bengkulu.

Himbauan keras diberikan agar pemustaka tidak melakukan plagiat dimanapun dan kapanpun dia berhadapan dengan sebuah rujukan dalam menulis karya ilmiah. Sehingga diharapkan pemustaka percaya diri akan hasil karya yang dia lakukan.

Harapan dari UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu dengan dicanangkan “Stop Plagiat” akan dapat memberikan kontribusi terhadap hasil karya ilmiah sivitas akademika Universitas Bengkulu dan masyarakat pada umumnya. Percaya akan kemampuan diri sendiri dan menghargai hasil karya orang lain. adm/sp

MATERI WORKSHOP RDA


Materi Workshop Oleh : Suharyanto
Judul : Kebijakan Pengatalogan Berbasis Resource Description and Access (RDA)
Link Download :
KEBIJAKAN PENGATALOGAN BERBASIS RESOURCE DESCRIPTION AND ACCESS (RDA)


Materi Workshop Oleh : R. Deffi Kurniati
Judul : Pengantar Pengatalogan Berbasis Resource Description and Access (RDA)
Link Download :
PENGANTAR PENGATALOGAN BERBASISPENGANTAR PENGATALOGAN BERBASIS RESOURCE DESCRIPTION AND ACCESS (RDA)


Materi Workshop Oleh : Yus Yusuf Rangga W., SS
Judul : Praktik Pengatalogan RDA dan Tahapan-tahapannya
Link Download :
Workshop Pengatalogan Berbasis RDA

SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU

Kegiatan dies natalis Universitas Bengkulu merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu tahun 2018 seperti Seminar Nasional dan Workshop dengan tema “Menulis Cerdas Tanpa Plagiasi di Era Digital”. Kegiatan ini dilaksanakan pada kamis (19/4/2018) bertempat di Nala Hotel Pantai Panjang, Bengkulu.

Kegiatan ini merupakan langkah bagi perpustakaan dalam mengantisipasi bagi sivitas akademika Universitas Bengkulu dalam membuat sebuah karya ilmiah baik itu skripsi, tesis, disertasi dan juga artikel yang akan dipublikasikan di jurnal-jurnal online. Dapat dilihat dari jumlah pendaftar yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 230 peserta terdiri dari mahasiswa, dosen, peneliti, pustakawan, dan bahkan guru yang berasal dari Provinsi Bengkulu dan bahkan dari luar Provinsi Bengkulu.

Seminar Nasional dan Workshop perpustakaan ini menghadirkan tiga narasumber : Dr. Ida Fajar Priyanto, MA dari Perpustakaan UGM dengan materi Plagiarisme, Etika, dan Kepatutan Akademik, Hardivizon, M.Ag dari STAIN Curup dengan materi Menulis Artikel Ilmiah Bebas Plagiasi, serta narasumber workshop Amirul Ulum, S.Sos, M.IP dari Perpustakaan Universitas Surabaya (UBAYA) dengan materi Menghindari Plagiat di Era Digital dan praktek menggunakan aplikasi untuk mengecek tingkat kesamaan hasil karya ilmiah.

Kegiatan seminar nasional dan workshop dibuka langsung oleh Rektor UNIB, dan tampak hadir  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kepala UPT. Kerjasama Luar Negeri (KSLI) Universitas Bengkulu dan juga Kepala Perpustakaan Selingkung Provinsi Bengkulu.


Pemustaka malam hari di perpustakaan

Acara diawali sambutan Kepala UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu Dr. Alex Abdu Chalik, M.Si.  menyampaikan bagaimana kondisi Perpustakaan Universitas Bengkulu saat ini dan harapan akan perkembangan perpustakaan kedepan. Kepala Perpustakaan UNIB Berharap Perpustakaan dapat menambah jam layanan hingga malam hari karena dilihat dari hasil survei dilapangan secara spontan, ternyata pemustaka cukup banyak yang memanfaatkan fasilitas Perpustakaan seperti wifi hotspot untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.

Sambutan dari Rektor Universitas Bengkulu Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc sekaligus membuka acara Seminar Nasional dan Workshop perpustakaan secara resmi. Dalam sambutannya Rektor UNIB menyampaikan bahwa menulis harus diiringi dengan banyak membaca karena minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah. Dengan adanya Kegiatan Seminar Nasional dan Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat Indonesia, terkhusus bagi minat baca dan menulis pemustaka perpustakaan Universitas Bengkulu, ujarnya.

Sambung Rektor, guna memenuhi kebutuhan jam layanan bagi pemustaka perpustakaan Universitas Bengkulu, maka akan ditambah jam layanan perpustakaan Universitas Bengkulu hingga malam hari. Selain itu akan dibangun fasilitas-fasilitas pendukung seperti foodcourt agar pemustaka semakin tertarik dan betah berada di perpustakaan.

  

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan MoU dengan 7 perpustakaan  yang  berada di selingkung Provinsi Bengkulu dan satu dari luar Provinsi Bengkulu. Kerjsama perpustakaan ini yaitu terdiri dari Perpustakaan Universitas Surabaya (UBAYA), Perpustakaan STAIN Curup, Perpustakaan IAIN Bengkulu, Perpustakaan Dinas dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Provinsi Bengkulu, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu, dan Perpustakaan Dinas dan Kearsipan Kota Bengkulu. Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung oleh Rektor UNIB, Kepala UPT Kerjasama Luar Negeri Universitas Bengkulu juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan Universitas Bengkulu.

Materi pertama Seminar dan Workshop di sampaikan Dr. Ida Fajar Priyatno, MA. Menulis tanpa membaca itu sangat sulit dan menulis itu lebih sedikit dari berbicara. Plagiarisme itu dapat dibagi menjadi empat yakni direct plagiarism, self plagiarism, mosaic plagiarism dan accidental plagiarism. Selain itu karya dan penelitian bangsa Indonesia yang masuk dalam publikasi ilmiah di jurnal terpublikasi internasional jumlahnya masih rendah, jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga terlebih lagi jika dibandingkan dengan Korea Selatan, China, Jepang dan India kata Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D, Ujarnya.

Hardivizon, M.Ag, menjelaskan bahwa  masyarakat Indonesia harus lebih meningkatkan minat baca dan menulis. Menulis agar tidak dibilang plagiat maka menulis harus mencantumkan sumber aslinya atau daftar pustakanya.

Workshop dari Amirul Ulum, S.Sos, M.IP merupakan penutup kegiatan Seminar Nasional dan Workshop. Pemaparannya berkutik pada trik untuk menghindari dari plagiarism dengan adanya gerakan “AkSaRa” artinya Akui ParafraSa IntegRasi. Workshop ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi “turnitin” dengan proses bagaimana menggunakan dan melakukan pengecekan sebuah hasil karya ilmiah untuk melihat tingkat persentase plagiat yang ada pada sebuah hasil karya ilmiah.

  

Acara Seminar Nasional dan Workshop ini ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta, panitia dengan narasumber./by.septi

MATERI SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP

Materi : Plagiarisme, Etika, dan Kepatutan Akademik
Pemateri : Dr. Ida Fajar Priyanto, MA
(Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)
Materi seminar dapat di unduh melalui link
Plagiarisme (Dr. Ida Fajar Priyanto, MA)

Materi : Menulis Artikel Ilmiah Bebas Plagiasi
Pemateri : Hardivizon, M.Ag
Materi seminar dapat di unduh melalui link
[hardivizon] plagiarisme

 

Materi : Menghindari Plagiat di Era Digital
Pemateri : Amirul Ulum, S.Sos, M.IP
Silakan untuk mengunduh materi narasumber Bapak Amirul Ulum melalui link dibawah ini
Workshop Plagiarism_UNIB_190418

INOVASI LAYANAN PERPUSTAKAAN DAN FENOMENA HOAX

BAGIAN II: INOVASI LAYANAN PERPUSTAKAAN
LAYANAN KHUSUS KOLEKSI BENGKULU CORNER DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU
oleh Daryono, S.Sos
Buku ini merupakan kristalisasi semangat berkarya dari para pustakawan. Buku ini merupakan terbitan keempat dari tim KMP (Kelas Menulis Pustakawan). Salah satu judul yang terdapat di buku ini ditulis oleh Daryono, S.Sos yang merupakan Koordinator Pembinaan koleksi di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu. Dalam artikelnya dijelaskan layanan perpustakaan merupakan bagian penting dalam pencapaian keberhasilan suatu organisasi perpustakaan karena bagian layanan merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan perpustakaan yang berhubungan langsung dengan pemustaka dalam menyebarkan informasi. Inovasi layanan perpustakaan selalu dikaitkan dengan perkembangan dan penerapan teknologi informasi untuk layanan baik untuk penyimpanan, penelusuran, dan transaksi dalam layanan. Salah satu bentuk inovasi layanan yang digagas oleh Perpustakaan Universitas Bengkulu yaitu Layanan Koleksi Khusus “Bengkulu Corner” yang merupakan layanan koleksi tentang sosial budaya, adat istiadat, sejarah, geografi, politik, dan bahasa dari masyarakat Bengkulu baik yang ditulis oleh orang Bengkulu asli maupun karya-karya yang ditulis oleh orang lain tentang Bengkulu bahkan koleksi-koleksi sejarah otentik yang berasal dari arsip dan dokumen. 

Buku ini dapat di download melalui link
http://repository.unib.ac.id/14464/1/Layanan%20Khusus%20Bengkulu%20Corner.pdf 

 unib_library             @perpustakaanunib            082372260418